PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MTsN GONDOWULUNG BANTUL

HADIM, NIM.: 05410198 (2009) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MTsN GONDOWULUNG BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MTsN GONDOWULUNG BANTUL)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (877kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MTsN GONDOWULUNG BANTUL)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam harus diberikan sejak dini kepada siswa. Tujuan akhir dari pembelajaran ini untuk memberikan pembinaan terhadap akhlak siswa. Dalam kenyataannya pembinaan akhlak yang dilakukan belum dapat memberikan pengaruh terhadap akhlak siswa secara menyeluruh. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah mengapa dilaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa dan upaya apa yang dilakukan dalam pembinaan akhlak siswa kelas VIII MTsN Gondowulung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam di dalam kelas. Serta upaya-upaya yang dilakukan dalam pembinaan akhlak siswa sebagai tindak lanjut, kemudian dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pembelajaran PAI dalam pembinaan akhka siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTsN Gondowulung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) pembelajaran pendidikan agama Islam tidak terlepas dari lima faktor yaitu, materi, metode, evaluasi, alat dan lingkungan. Sedangkan pembinaan akhlak yang berlangsung di dalam kelas yaitu, akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada Nabi Muhammad SAW, akhlak kepada guru dan akhlak kepada teman. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI terhadap pembinaan akhlak siswa kelas VIII MTsN Gondowulung adalah: a) proses belajar mengajar di kelas, pembinaan akhlak siswa yang dilakukan guru PAI yaitu, dengan cara menyampaikan materi pelajaran yang mana dalam materi tersebut sudah terdapat unsur-unsur pelajaran tentang akhlak. b) kegiatan pembinaan akhlak siswa di luar jam pelajaran: (1) pendidikan kilat (diklat). (2) peringatan hari besar Islam. (3) perkemahan. (4) kegiatan sosial kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Akhlak; Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 08 Aug 2012 22:38
Last Modified: 29 Apr 2024 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum