EVALUASI LITERASI INFORMASI DITINJAU DARI KOMPETENSI KECAKAPAN ABAD 21 DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Sapen 1 Yogyakarta)

Anna Nurhayati, NIM 1620011027 (2018) EVALUASI LITERASI INFORMASI DITINJAU DARI KOMPETENSI KECAKAPAN ABAD 21 DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Sapen 1 Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI LITERASI INFORMASI DITINJAU DARI KOMPETENSI KECAKAPAN ABAD 21 DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Sapen 1 Yogyakarta))
1620011027_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI LITERASI INFORMASI DITINJAU DARI KOMPETENSI KECAKAPAN ABAD 21 DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Sapen 1 Yogyakarta))
1620011027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR..pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

ANNA NURHAYATI, S.I.Pust (1620011027): Evaluation of Information Literacy Viewed from 21st Century Skills Competency with Integrative Thematic Learning Approach (Case Study at SD Muhammadiyah Sapen 1). Thesis of Interdisciplinary Islamic Studies Concentration program of Library and Information Science, Postgraduate UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.This research is an analysis study about evaluation of information literacy program to 21st century competency especially on Higher Order Thinking Skills (Higher Order Thinking Skills). The purpose of this research is to know the implementation of information literacy program with integrative thematic approach, and the achievement of student’s skill in terms of 21st century skills. The type of this research is qualitative with descriptive approach. Technique of collecting data by interview, observation and documentation. The informant was choosen by purposive sampling. Data analysis through reduction process, data display and conclusion. The validity of the data is done by triangulating sources, techniques and time. The results showed that: (1) Implementation of information literacy with integrative thematic approach, namely learning that integrates school learning curriculum with the big6 information literacy program; (2) This program is done by collaboration between librarian and teacher with structured learning; (3) This information literacy program is effective and able to prepare the skills of 21st century especially Higher Order Thinking Skills (HOTS) learners that it is critical thinking skills and problem solvers, communication and collaboration skills and creative and innovative thinking skills. The HOTS indicator is seen at each stage of the information literacy big6 model when the learning process takes place. The information literacy stages of the big6 model include Task definition, information seeking strategies, location and access, use of information, synthesis, evaluation. Keyword: information literacy, thematic integrative, 21st century competency, Higher Order Thingking Skills (HOTS) [INDONESIA] ANNA NURHAYATI, S.I.Pust (1620011027) : Evaluasi Literasi Informasi Ditinjau dari Kompetensi Kecakapan Abad 21 dengan Pendekatan Pembelajaran Tematik Integratif (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Sapen 1 Yogyakarta). Tesis Program Studi Interdiscliplinary Islamic Studies Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini merupakan studi analisis tentang evaluasi program literasi informasi terhadap kompetensi abad 21 khususnya kecakapan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi program literasi informasi dengan pendekatan tematik integratif, serta capaian kecakapan siswa ditinjau dari kecakapan abad 21. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dipilih secara purposive sampling. Analisis data melalui proses reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi literasi informasi dengan pendekatan tematik integratif, yaitu pembelajaran yang memadukan kurikulum pembelajaran sekolah dengan program literasi informasi model big6;(2) Program ini dilakukan dengan cara kolaborasi antara pustakawan dan guru dengan pembelajaran terstruktur; (3) Program literasi informasi ini efektif dan mampu menyiapkan kecakapan abad 21 peserta didik, khusunya Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu kecakapan berpikir kritis dan pemecah masalah, kecakapan komunikasi dan kolaborasi serta kecakapan berpikir kreatif dan inovatif. Indikator HOTS terlihat pada setiap tahapan literasi informasi model big6 ketika proses pembelajaran berlangsung. Tahapan literasi informasi model big6 tersebut antara lain mendefinisikan masalah, strategi penelusuran informasi, lokasi dan akses informasi, menggunakan informasi, sintesis, evaluasi. Kata kunci : Literasi informasi, Tematik integratif, Kecakapan abad 21, Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Literasi informasi, Tematik integratif, Kecakapan abad 21, Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:24
Last Modified: 19 Jun 2019 06:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32724

Actions (login required)

View Item View Item