TAHFIDZUL QUR'AN SISWA MTs WAHID HASYIM FATEN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

ARIF WAHYUDIN NIM. 04410786, (2009) TAHFIDZUL QUR'AN SISWA MTs WAHID HASYIM FATEN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Latarbelakang penelitian ini adalah bahwa al-Qur'an merupakan sumber utama ajaran Islam yang keotentikannya dijamin oleh Allah Swt. Oleh karena itu memelihara dan menjaga keotentikan al-Qur'an merupakan kewajiban umat Islam. Mts Wahid Hasyim sebagai lembaga pendidikan Islam berbasis pesantren juga turut serta melestarikan otensitas al-Qur'an dengan mengadakan program tahfidzul Qur'an bagi siswanya. Target dari program tahfidzul Qur'an bagi siswanya. Target dari program tahfidzul Qur'an ini adalah siswa mampu menghafalkan 3 juz al-Qur'an yaitu juz 'amma, juz I dan juz II. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang belum mencapai target yang telah ditentukan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tahfidzul Qur'an, usaha-usaha apa yang dilakukan untuk mencapai target tahfidzul Qur'an, bagaimana preatasi tahfidzul Qur'an siswa serta apa saja faktor yang mendukung dan menghambat tahfidzul Qur'an siswa MTs Wahid Hasyim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kegiatan tahfidzul Qur'an siswa MTs Wahid Hayim. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk meningkatkan program tahfidzul Qur'an di MTs Wahid Hasyim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi MTs Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, display data, dan verifikasi terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Program tahfidzul Qur'an menargetkan siswa mampu menghafal 3 juz al-Qur'an yaitu 30 juz untuk kelas VII, juz I untuk kelas VIII dan juz 2 untuk kelas IX. Hal ini disesuaikan dengan jenjang tingkatan kelas yang ada yaitu 3 tingkatan kelas. 2) Usaha-usaha yang dilakukan antara lain: memasukkan program tersebut kedalam jam formal, sebagai persyaratan naik kelas, dan bimbingan intensif di asrama. 3) faktor pendukung program tahfidzul qur'an antara lain : faktor usia siswa yang masih muda sehingga siswa belum terbebani problema hidup yang berat, lingkungan asrama yang nyaman dan perhatian pembina terhadap kegiatan sehari-hari siswa. Faktor penghambatnya antara lain : kemampuan siswa yang masih minim dalam membaca al-Qur'an, belum adanya budaya membaca al-Quran, banyaknya beban kegiatan siswa yang tidak hanya difokuskan pada program tahfidzul qur'an, tidak semua siswa diasramakan sehingga pihak madrasah tidak bisa memantau kegiatan siswa yang tidak tinggal di asrama. 4) Hasil hafalan siswa menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan/prestasi siswa dalam menghafal materi tahfidz masih rendah karena masih banyak siswa yang belum mencapai target dari program tahfidzul qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Qur'an, Siswa, MTs Wahid Hasyim
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item