PENERAPAN METODE LANGUAGE SKILL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN PAUD SEKOLAH KHUSUS TUNARUNGU KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA

Miska Zulfa, NIM : 1620010095 (2018) PENERAPAN METODE LANGUAGE SKILL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN PAUD SEKOLAH KHUSUS TUNARUNGU KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE LANGUAGE SKILL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN PAUD SEKOLAH KHUSUS TUNARUNGU KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA)
1620010095_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE LANGUAGE SKILL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN PAUD SEKOLAH KHUSUS TUNARUNGU KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA)
1620010095_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai tugas untuk membentuk manusia berkualitas dalam pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang pencapaiannya dilakukan dengan terencana, terarah dan sistematis. Keberhasilan di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mengantar peserta didik tidak lepas dari aspek perkembangan yang terkait di dalamnya. Pendidikan menunjukkan tinggi kemajuan bangsa, dan aspek-aspek pendidikan sebagai faktor yang sangat menentukan keberhasilan yang akan dicapai pada satuan pendidikan. Pada kemudiannya akan menentukan mutu pendidikan berkualitas yang maksimal oleh siswa, yaitu hasil belajar dalam bentuk nilai berkembang secara maksimal dan mampu untuk tumbuh menjadi anak yang cerdas bukan hanya cerdas secara intelektual namun juga cerdas secara spiritual. Metode language skill pada Anak Berkebutuhan Khusus dengan menggunakan metode percakapan reflektif (MMR) yang bersumbu pada percakapan khususnya anak tunarungu. Percakapan ini akan menghasilkan anak tersebut dapat bersikap oral dengan lancar, artikulasinya jelas, dan berani bergaul, serta mencapai kemampuan berbahasa yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan penguasaan guru agar dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan melalui metode language skill pada Anak Berkebutuhan Khusus, sehingga perubahan perilaku serta sikap pada anak-anak dapat diketahui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi partisipatif, teknik wawancara mendalam dan diperkuat dengan teknik dokumentasi, melalui teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) metode language skill pada anak berkebutuhan khusus dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan pada anak yang terjadi pada perilaku serta sikap anak berkembang sangat baik. (2) metode language skill pada anak berkebutuhan khusus dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan melakukan perubahan yang terjadi pada perilaku serta sikap anak berkembang secara maksimal. Kata Kunci : Metode Language Skill, Anak Berkebutuhan Khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Language Skill, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jun 2019 09:13
Last Modified: 11 Jun 2019 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item