PERILAKU MEROKOK REMAJA PUTRA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR Siswa Kelas XI SMK PUI Kab Majalengka

Nur Rizka Mitasari, NIM: 1620011021 (2018) PERILAKU MEROKOK REMAJA PUTRA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR Siswa Kelas XI SMK PUI Kab Majalengka. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERILAKU MEROKOK REMAJA PUTRA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR Siswa Kelas XI SMK PUI Kab Majalengka)
1620011021_BAB-1_IV _DAFTAR -PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU MEROKOK REMAJA PUTRA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR Siswa Kelas XI SMK PUI Kab Majalengka)
1620011021_BAB-II_sampai_ SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena perilaku merokok di kalangan remaja putra dapat digambarkan melalui tiga aspek penting yaitu: kognitif, afektif dan juga psikomotorik dengan jenis perokok yang dapat dikategorikan pula ke-dalam tiga jenis yaitu: ringan, sedang dan berat. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengambarkan perilaku merokok remaja putra kelas XI di SMK PUI Kab. Majalengka danuntuk mengambarkan pula pengaruh perilaku merokok terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI di SMK PUI Kab. Majalengka. Pengumpulan data dilakukan kepada 5 siswa perokok dengan proses wawancara secara mendalam dan 20 subjek menggunakan kuesioner untuk mendeskripsikan data yang ada melalui rumus (Cross tab). Dari penelitian ini maka diperoleh hasilsebagai berikut. Perilaku merokok remaja putra kelas XI di SMK PUI Kab. Majalengka dapat digambarkan melalui tiga aspek yaitu: aspek kognitif,afektif dan psikomotorik yang masing-masing ketiga aspek tersebut menunjukan hasil yaitu berada pada kondisi kurang baik, dan dari jenis-jenis perokok subjek terdapat tiga faktor kuat penyebab munculnya perilaku merokoktersebutdiantaranya yaitu: faktor keluarga/orang tua, teman sebaya dan juga faktor kepribadian. Sedangkan gambaran pengaruh perilaku merokok terhadap konsentrasi belajar ini dapat digambarkan melalui empat aspek dengan hasilnya yaitu: terdapat tiga aspek yang memiliki pengaruh kurang baik dari perilaku merokok para remaja putra. Aspek-aspek tersebut diantaranya yaitu: aspek pemusatan pikiran dengan jumlah presentasinya sebesar 40%, kemudian aspek motivasi dan kesiapan belajar dengan jumlah presentasinya yang sama yaitu 55%, sedangkan untuk aspek ke-empat yaitu perasaan tertekan memiliki pengaruh yang baik dengan jumlah presentasinya adalah 50%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S. Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: merokok, konsentrasi, belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jun 2019 09:14
Last Modified: 11 Jun 2019 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32743

Actions (login required)

View Item View Item