KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH BERBASIS KUTTAB (Studi Kasus di Kuttab Al Fatih Depok)

Arif Utomo, NIM : 1420411006 (2018) KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH BERBASIS KUTTAB (Studi Kasus di Kuttab Al Fatih Depok). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH BERBASIS KUTTAB (Studi Kasus di Kuttab Al Fatih Depok))
1420411006_BAB-I _ BAB IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH BERBASIS KUTTAB (Studi Kasus di Kuttab Al Fatih Depok))
1420411006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada abad ke-21 terjadi perubahan yang cukup menarik dalam dunia pendidikan di Indonesia. Terdapat corak baru dalam peta pendidikan Islam Indonesia yang belum banyak diteliti yaitu munculnya kuttab dengan mencoba meniru kurikulum kuttab pada masa Rasululloh. Hadirnya kuttab di Indonesia merupakan sebuah respon atas tidak terpenuhinya keinginan aktivis Muslim di Indonesia dalam kelembagaan Islam yang telah eksis sebelumnya baik pesantren, madrasah, maupun sekolah Islam Terpadu, dan kekecewaan atas arus globalisasi yang membawa dampak buruk pada penanaman karakter peserta didik. Kehadiran kuttab dapat dimaknai sebagai upaya menghadirkan pendidikan alternatif yang ditawarkan dalam menghadapi era global. Salah satu yang menarik untuk diteliti adalah kurikulum kuttab al-Fatih Depok selaku kuttab pertama yang berdiri di Indonesia. Secara mekanis, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam karya tulis ini adalah fenomenologis. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu proses aktivitas dalam analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain mengkaji kurikulum kuttab, penelitian ini juga meneliti implementasi kurikulum kuttab di kuttab al-Fatih Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kurikulum kuttab di kuttab al-Fatih Depok adalah Subject Centered Design, karena pengembangan kurikulum kutab al-Fatih bertumpu pada materi pembelajarannya. Kurikulum kuttab terdiri dari empat komponen yang terdiri dari (1) Tujuan, yaitu mempersiapkan generasi Islam yang terbaik yaitu generasi ‘ala minhajin nubuwwah; (2) materi pembelajaran, materi pembelajaran inti di kuttab al-Fatih depok hanya dua, yaitu iman dan al-Qur‟an.; (3) metode pembelajaran di kuttab al-Fatih adalah metode talaqi. (4) Evaluasi pembelajaran di kuttab al-Fatih menggunakan dua tekhnik, yaitu tes dan non tes Kedua, tentang implementasi kurikulum kuttab di kuttab al-Fatih Depok, ada beberapa temuan yang bisa disimpulkan (1) Tahap perencanaan, terdiri dari menyiapkan silabus dan RKK. (2) Tahap pelaksanaan pembelajaran, terdiri dari pengelolaan kelas, modul atau buku pembelajaran, jumlah rombongan belajar kelas. (3) Tahap pelaksanaan evaluasi, evaluasi dilakukan kepada guru dan peserta didik. Evaluasi guru dilakukan dengan cara supervisi pembelajaran dan tes hafalan, dan evaluasi peserta didik dilakukan dengan tes mapun non tes. Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Implementasi, Kuttab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Implementasi, Kuttab.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 May 2019 10:08
Last Modified: 28 May 2019 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum