CULTURAL EDUCATION DAN PEMBANGUNAN KARAKTER DALAM PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (Studi Atas ‘Persaudaraan Setia Hati Terate’ Cabang Magelang)

Ahmad Arif Rohman Izzudin, NIM: 1420411007 (2018) CULTURAL EDUCATION DAN PEMBANGUNAN KARAKTER DALAM PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (Studi Atas ‘Persaudaraan Setia Hati Terate’ Cabang Magelang). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (CULTURAL EDUCATION DAN PEMBANGUNAN KARAKTER DALAM PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (Studi Atas ‘Persaudaraan Setia Hati Terate’ Cabang Magelang))
1420411007_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (CULTURAL EDUCATION DAN PEMBANGUNAN KARAKTER DALAM PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (Studi Atas ‘Persaudaraan Setia Hati Terate’ Cabang Magelang))
1420411007_BAB_II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Melalui rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu tentang 1) Bagaimana bentuk dan pola pendidikan berkebudayaan (cultural education) dalam pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Cabang Magelang? 2) Bagaimana implementasi pembangunan karakter dengan sistem pendidikan berkebudayaan (cultural education) di pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Cabang Magelang? Secara mekanis, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam karya tulis ini adalah fenomenologi naturalistik dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu proses aktivitas dalam analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cultural education (pendidikan berkebudayaan) dapat membentuk karakter seseorang (anggota) Pencak Silat PSHT yang tampak melalui pola dan bentuk serta nilai yang tercermin dalam pendidikan berkebudayaan dalam pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Magelang antara lain : (1) Berdo’a sebelum dan setelah latihan (2) Latihan Fisik dan Teknik (3) Uji Tanding (sambung Persaudaraan) (4) Latihan Bersama. Kata Kunci: pendidikan, budaya, karakter, nilai, pencak silat PSHT

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subaidi, S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: pendidikan, budaya, karakter, nilai, pencak silat PSHT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 May 2019 10:08
Last Modified: 28 May 2019 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum