ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Studi Kasus Di SD Lazuardi Kamila Global Islamic School Kota Surakarta

Arrafi’ Kusumarachman, NIM. 1420411030 (2018) ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Studi Kasus Di SD Lazuardi Kamila Global Islamic School Kota Surakarta. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Studi Kasus Di SD Lazuardi Kamila Global Islamic School Kota Surakarta)
1420411030_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Studi Kasus Di SD Lazuardi Kamila Global Islamic School Kota Surakarta)
1420411030_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan yang diberikan kepada setiap anak yang berbeda-beda dan menjadi dasar bagi pendidik untuk mengoptimalkan setiap potensi peserta didik. Penggunaan multiple intelligences pada pembelajaran perlu di terapkan dan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah untuk mengakomodir kecerdasan peserta didik yang beragam, terkhusus PAI. Latar belakang tersebut mendorong penulis untuk meneliti, menemukan, dan menganalisis konsep menumbuh kembangkan kecerdasan peserta didik secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui konsep penerapan multiple intelligences guru PAI pada pembelajaran di SD Lazuardi Kamila GIS Kota Surakarta. 2) penerapan multiple intelligences pendidik pada pembelajaran PAI di SD Lazuardi Kamila GIS Kota Surakarta. 3) mengetahui faktor pendukung, faktor penghambat dan solusi mengatasi hambatan tersebut. 4)mengetahui hasil penerapan multiple intellegences pada pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis yang mengambil latarbelakang di SD Lazuardi Kamila GIS Kota Surakarta. Data diperoleh dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik pendidikan agama Islam kelas 3, 4 dan 5. Hasil penelitian, 1) konsep pembelajaran PAI yang di berlakukan di SD Lazuardi Kamila GIS Kota Surakarta menggunakan pendekatan multiple intellegences. 2) penerapan multiple intellegences pada pembelajaran PAI dilakukan dengan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. 3) faktor pendukung dalam penerapan multiple intellegences, dari pihak sekolah memfasilitasi MIR, beragam kegiatan, akses informasi, mengakomodasi peserta didik yang berprestasi, dan memiliki kebutuhan khusus. Pihak pendidik, kemampuan membaca gaya belajar peserta didik pada pembelajaran PAI sehingga pembelajaran kondusif dan menyenangkan. Pihak peserta didik, kecerdasan yang beragam. Sedangkan faktor penghambat dari pihak sekolah, sekolah belum menerapkan multiple intelligences secara maksimal. Pihak pendidik, memiliki tugas diluar yang sifatnya kedinasan yang harus meninggalkan pembelajaran. Pihak peserta didik, peserta didik yang berkebutuhan khusus memerlukan pendampingan khusus, serta kuarangnya motivasi belajar. 4) hasil yang ditunjukkan pada pembelajaran PAI yakni: memudahkan dalam memahami materi ditandai dengan pembelajaran yang menyenangkan dan nilai raport yang dicapai sudah KKM dan perubahan akhlakul karimah menjadi lebih baik yang menjadi bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Kata Kunci: Multiple Intelligences, Pembelajaran PAI SD, Strategi, Materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Abd Rachman Assegaf, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Pembelajaran PAI SD, Strategi, Materi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 May 2019 10:09
Last Modified: 28 May 2019 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32759

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum