PENGARUH KINERJA BANK, KARAKTERISTIK BANK DAN MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS DAN DAMPAKNYA BAGI PENGELUARAN ZAKAT

Dyah Sari Nugrahaningsih, NIM. 1420311047 (2018) PENGARUH KINERJA BANK, KARAKTERISTIK BANK DAN MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS DAN DAMPAKNYA BAGI PENGELUARAN ZAKAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KINERJA BANK, KARAKTERISTIK BANK DAN MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS DAN DAMPAKNYA BAGI PENGELUARAN ZAKAT)
1420311047_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KINERJA BANK, KARAKTERISTIK BANK DAN MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS DAN DAMPAKNYA BAGI PENGELUARAN ZAKAT)
1420311047_BAB II-BABIII.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Bank merupakan industri yang bergerak dibidang kepercayaan. Oleh karena itu dibutuhkanlah bank yang sehat sehingga bisa beroperasi secara optimal. Keberlangsungan bidang perekonomian dalam bisnis perbankan tidak hanya dikelola ataupun diatur oleh bank itu sendiri namun diatur dan diawasi sangat ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan yang mana wajib bagi lembaga perbankan untuk mematuhi aturan yang ditetapkan dan wajib untuk melaporkan hasil kinerja lembaganya. Salah satu indikator untuk menilai kinerja keuangan suatu bank adalah melihat tingkat profitabilitasnya. Selain faktor internal bank, faktor eksternal yang berpengaruh terhadap profitabilitas bank yaitu faktor makroekonomi. Faktor makroekonomi merupakan salah satu faktor yang diperoleh dari luar yang sifatnya diluar kekuasaan bank. Peningkatan profitabilitas yang baik diharapkan bisa meningkatkan pengeluaran zakat bagi masyarakat sehingga dengan adanya peningkatan profitabilitas bank maka peningkatan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh kinerja bank, karakteristik bank dan makroekonomi terhadap profitabilitas dan dampaknya bagi pengeluaran zakat. Profitabilitas perbankan syariah diukur dengan ROA, kinerja bank diproksi dari FDR, CAR, NPF, karakteristik bank diproksi dari size dan kepemilikan bank, dan faktor makroekonomi diproksi dengan Inflasi, GDP dan BI rate. Dalam penelitian ini Sampel yang digunakan adalah bank umum syariah yang sudah beroperasi dari 2008 dan masih aktif sampai dengan 2017. Data diperoleh dari diperoleh dari laporan annual report bank umum syariah. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perbankan syariah. Sebaliknya profitabilitas perbankan syariah yang diukur dengan ROA tidak dipengaruhi oleh FDR, CAR, NPF, dan kepemilikan bank. Faktor makroekonomi yang diproksi dengan Inflasi, GDP dan BI rate tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perbankan syariah. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran zakat pada bank syariah. Bagi Perbankan Syariah di Indonesia, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan profitabilitas dan diharapkan dapat lebih meningkatkan pengeluaran zakat yang ada di perusahaan, sehingga kontribusi bank terhadap kemaslahatan umat melalui zakat dapat lebih ditingkatkan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Zaenal Arifin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kinerja Bank, Karakteristik Bank, Kepemilikan Bank, Makroekonomi, Profitabilitas, Zakat, Bank Umum Syariah
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Keuangan dan Perbankan Syariah
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Jan 2019 07:25
Last Modified: 28 Jan 2019 07:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32791

Actions (login required)

View Item View Item