SKRIPSI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA ALAM (STUDI DI DESA WISATA KALIBIRU, DESA HARGOWILIS KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO)

MOH HIDAYATULLAH, NIP. 12250073 (2018) SKRIPSI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA ALAM (STUDI DI DESA WISATA KALIBIRU, DESA HARGOWILIS KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA ALAM (STUDI DI DESA WISATA KALIBIRU, DESA HARGOWILIS KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO))
12250073-BAB I-IV-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA ALAM (STUDI DI DESA WISATA KALIBIRU, DESA HARGOWILIS KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO))
12250073-BAB II-SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Updated Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil survei peneliti ke salah satu tempat wisata yang ada di sekitar wisata alam Kalibiru, wisata yang di survei oleh peneliti yaitu wisata waduk sermo dan wisata pule payung, dimana kedua wisata tersebut tidak murni dikelola oleh masyarakat sekitar akan tetapi dikelola oleh pemerintah dan investor sedangkan masyarakat sekitar tidak mendapatkan peran penuh terhadap pengelolaan dan pengembangannya untuk ikut serta berpartisipasi terhadap wisata tersebut. Karena menurut peneliti partisipasi masyarkat sangat dipentingkan dalam pengembangan wisata untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Maka dari itu peneliti memilih wissata alam kalibiru untuk dijadikan objek penelitian tentang bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam penngembangan wisata. dimana pada tahun 2000-an telah ditemukan desa wisata alam baru di D.I.Yogyakarta kabupaten kulonprogo yaitu desa wisata kalibiru. Desa wisata ini menarik karena pembangunanya melibatkan masyarakat, dari segi tenaga, uang dan pikiran, proses pembangunan tersebut menghasilkan perubahan dimana desa wisata kalibiru yang dahulunya salah satu dusun tertinggal saat ini banyak dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara karena keaslian keindahan alamnya. Hal itu maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata kalibiru untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan puposive sampling, dengan strategi yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah pengambilan sampel kasus. Semua data kemudian dilihat validitas datanya, kemudian di analisis melalui proses reduksi data, dan terakhir penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini sejalan dengan teori yang menunjukkan bahwa bentuk- bentuk (wujud) partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata ini ada tiga dari buku Talizidhuhu ndraha, yang berjudul pembangunan masyarakat mempersiapkan masyarkat tinggal landas, yaitu partisipasi tenaga, pikiran, serta uang (materi). Semua masyarakat terlibat dalam tiga bentuk partisipasi tersebut. Karena hal ini disebabkan tenaga uang serta pikiran saling berkaitan dalam melaksanakan pengembangan desa wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mohammad izzul haq, S. Sos., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Wisata
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Jan 2019 08:07
Last Modified: 28 Jan 2019 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32792

Actions (login required)

View Item View Item