EFEKTIVITAS PELAYANAN SOSIAL DALAM PROGRAM VTC (VOCATIONAL TRAINING CENTRE) BAGI DIFABEL DAKSA OLEH PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA

DIMAS AMIN YASIR, NIM. 11250018 (2018) EFEKTIVITAS PELAYANAN SOSIAL DALAM PROGRAM VTC (VOCATIONAL TRAINING CENTRE) BAGI DIFABEL DAKSA OLEH PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELAYANAN SOSIAL DALAM PROGRAM VTC (VOCATIONAL TRAINING CENTRE) BAGI DIFABEL DAKSA OLEH PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA)
11250018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELAYANAN SOSIAL DALAM PROGRAM VTC (VOCATIONAL TRAINING CENTRE) BAGI DIFABEL DAKSA OLEH PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA)
11250018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program VTC, dan mengetahui efektivitas program VTC bagi kelayan Difabel Daksa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif (field research). Data yang diperoleh dari wawancara dengan staf administrasi, staf pengajar program VTC, dan karyawan Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta; Kelayan alumni dan kelayan aktif program VTC, kelayan Pusat Rehabilitasi YAKKUM; serta Orang tua kelayan Pusat Rehabilitasi YAKKUM, observasi dilakukan terhadap kegiatan program keseluruhan dan khususnya terhadap program VTC dan studi terhadap data-data dokumen tertulis dan dokumen yang ada di lapangan. Selanjutya data dianalisis secara kualitatif dengan metode interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui faktor pertama yang mempengaruhi pelaksanaan program VTC adalah kompetensi staf pengajar program VTC dalam menyampaikan materi, kedua adalah kompetensi kelayan dalam menerima materi program. Penilaian terhadap keberhasian program VTC dapat dilihat menggunakan empat indikator efektivitas pelaksanaan program, yaitu pencapaian tujuan, keberhasilan sasaran, keberhasilan program, dan kepuasan program. Tingkat efektivitas program VTC yang dinilai melalui empat indikator efektivitas belum efektif. Adapun hasil dari program VTC adalah memberikan ketrampilan kepada kelayan Difabel Daksa agar dapat bekerja di perusahaan-perusahaan, atau dapat membuka usaha sendiri dan dapat meningkatkan keberfungsian sosialnya. Secara keseluruhan pelaksanaan program VTC tidak efektif karena kurangnya sinergitas antara kelayan dan pengajar. Adapun yang mempengaruhi tidak efektifnya pelaksanaan program VTC adalah perekrutan kelayan yang kurang tepat sasaran, belum ada assesmen psikologis bagi calon kelayan program, tenaga pengajar kurang kompeten, belum ada pekerja sosial, jumlah pelatihan program sedikit, dan sarana prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program, Kesejahteraan Sosial, Difabel Daksa
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Jan 2019 15:18
Last Modified: 28 Jan 2019 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32794

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum