LAYANAN BERBASIS MASYARAKAT ( STUDI KASUS PELAYANAN REMAJA SEHAT ( PASHMINA ) PIMPINAN CABANG NASYIATUL AISYIAH MANTRIJERON)

DEDE DWI KURNIASIH, NIM. 11250045 (2018) LAYANAN BERBASIS MASYARAKAT ( STUDI KASUS PELAYANAN REMAJA SEHAT ( PASHMINA ) PIMPINAN CABANG NASYIATUL AISYIAH MANTRIJERON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BERBASIS MASYARAKAT ( STUDI KASUS PELAYANAN REMAJA SEHAT ( PASHMINA ) PIMPINAN CABANG NASYIATUL AISYIAH MANTRIJERON))
11250045_BAB-I-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BERBASIS MASYARAKAT ( STUDI KASUS PELAYANAN REMAJA SEHAT ( PASHMINA ) PIMPINAN CABANG NASYIATUL AISYIAH MANTRIJERON))
11250045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (550kB)

Abstract

Layanan Berbasis Masyarakat merupakan sebuah layanan yang berdiri kare kebutuhan masyarakat. Layanan ini membuat masyarakat tidak bergantung pada syste yang sudah ada melainkan menjadi mandiri dengan memilih prioritas isu, hingga menja wadah bagi masyarakat untuk membuat solusi dengan menyalurkan ahli yang ada unt menjadi bagian dari layanan. Kesehatan reproduksi remaja menjadi salah satu focus masalah yang dipilih ol Nasyiatul Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yang bergerak di isu perempuan. I ini dianggap urgen dan darurat untuk ditangani segera mengingat tingginya angka kas dari tahun ke tahun menurut data yang ada. Lewat PASHMINA sebagai layan kesehatan reproduksi yang di adopsi dari Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyia PASHMINA Mantrijeron melakukan pelayanan yang tidak lepas dari ciri Layan Berbasis Masyarakat dengan prinsip pengorganisasian masyarakat. Untuk menggambarkan hal tersebut, maka dari itu penelitian ini menggunak metode deskriptif-kualitatif dan menggunakan teknik wawancara, observasi d dokumentasi. Dalam memilih subjek penelitian penulis menggunakan snowball sampli dan Purposive Sampling. Dari teknik tersebut didapat narasumber penerima layana pengurus PASHMINA, Konselor PASHMINA, donatur PASHMINA. Hasil dari penelitian ini yaitu temuan-temuan resiko perilaku seksual rem seperti masturbasi dan onani yang mengganggu aktivitas harian, adanya kasus kekeras dalam pacaran. Penerima layanan dengan kasus ini akhirnya mendampatk pendampingan meskipun belum terlampau maksimal. Sementara itu PASHMINA send sudah memenuhi kriteria layanan berbasis masyarakat dan prinsipnya meskipun pada c transparansi masih perlu perbaikan system lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP, M.SW
Uncontrolled Keywords: Layanan Kesehatan Reproduksi Remaja, Nasyiatul Aisyiyah, PASHMINA
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Jan 2019 08:24
Last Modified: 28 Jan 2019 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32795

Actions (login required)

View Item View Item