ASSET PRICING MODEL TERHADAP OPTIMASI PEMBENTUKAN PORTOFOLIO SAHAM SYARIAH DI INDONESIA

SYARIAH DI INDONESIA Zahra Laradiva Farizka Putri Hassany S.E., NIM. 1520311044 (2018) ASSET PRICING MODEL TERHADAP OPTIMASI PEMBENTUKAN PORTOFOLIO SAHAM SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASSET PRICING MODEL TERHADAP OPTIMASI PEMBENTUKAN PORTOFOLIO SAHAM SYARIAH DI INDONESIA)
1520311044_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (ASSET PRICING MODEL TERHADAP OPTIMASI PEMBENTUKAN PORTOFOLIO SAHAM SYARIAH DI INDONESIA)
1520311044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hasil penggunaan beberapa asset pricing model, yakni: Capital Asset Pricing Model (CAPM), Shariah Compliant Asset Pricing Model (SCAPM), dan Fama-French Multifactor Model dalam memprediksi return portofolio atas saham syariah yang ada di Indonesia sebagai upaya optimalisasi portofolio. Penelitian ini termasuk penelitian yang inovatif dikarenakan penelitian ini menunjukkan analisis yang lebih komprehensif dan detail terhadap diversifikasi aset atas saham syariah bagi para investor dengan mengklasifikasikan penggunaan metode konvensional (CAPM) dan metode syariah (SCAPM). Metode konvensional dengan menggunakan IHSG (Rm) dan BI rate (Rf), dan metode syariah menggunakan ISSI (Rm) dan SBIS. Penggunaan fitur Solver Excel juga diuji guna memperlihatkan pengaruh atas metode CAPM maupun SCAPM terhadap portofolio yang terbentuk berdasarkan rasio Sharpe. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Periode penelitian yakni Januari 2013 hingga Desember 2017, di mana pasar saham di Indonesia secara umum dalam keadaan yang terus berkembang. Sampel dipilih secara purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu. Ada dua metode analisis yang digunakan, yakni analisis uji t untuk mengetahui nilai signifikansi di dari masingmasing variabel, dan uji paired sample t test . Uji determinasi dengan adusted Rsquared (R 2) dilakukan untuk melihat model terbaik yang mampu menjelaskan expected return portofolio. Penelaahan melalui nilai AIC juga dilakukan guna memperoleh kesimpulan yang lebih valid. Pengujian diagnostik model dilakukan untuk mengetahui kebermaknaan atas model regresi yang diperoleh. Hasil penelitian ditemukan bahwa kondisi pasar (Rm-Rf) masih menjadi faktor terkuat dalam memprediksi return dengan pengaruh yang positif signifikan. Dalam Fama-French Multifactor Model, hanya varibel size (SMB) yang secara positif berpengaruh secara parsial pada metode konvensional, sedangkan book-tomarket ratio (HML), profitabilitas operasional (RMW), dan Investasi (CMA) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap return pada metode konvensional maupun syariah. Meskipun demikian, seluruh model dalam penelitian masih layak untuk digunakan dalam memprediksi return portofolio. Adapun SCAPM dapat lebih menecerminkan sensitivitas return yang diperoleh terhadap kondisi pasar saham syariah yang sebenarnya. Di samping itu, ditemukan bahwa penggunaan fitur Solver Excel pada (S)CAPM merupakan model terbaik yang mampu menggambarkan kondisi pasar yang dapat digunakan investor sebab lebih mampu penghasilkan return tinggi yang meminimumkan risiko sehingga meningkatkan kinerja portofolio saham syariah yang terbentuk

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: asset pricing model, portofolio optimal, saham syariah, capital asset pricing model, syariah capital asset pricing model, Fama-French multifactor model.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Syari'ah dan Hukum
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Jan 2019 15:36
Last Modified: 28 Jan 2019 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum