PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM DUNIA PESANTREN (Studi Pondok Pesantren Al-Qodir Wukirsari, Cangkringan Sleman Yogyakarta)

Muh. Rian Azhar Habibie, NIM. 11250015 (2018) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM DUNIA PESANTREN (Studi Pondok Pesantren Al-Qodir Wukirsari, Cangkringan Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM DUNIA PESANTREN (Studi Pondok Pesantren Al-Qodir Wukirsari, Cangkringan Sleman Yogyakarta))
11250015_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM DUNIA PESANTREN (Studi Pondok Pesantren Al-Qodir Wukirsari, Cangkringan Sleman Yogyakarta))
11250015_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang berfungsi sebagai sumber nilai dan moralitas, tempat mendalami agama dan sebagai filter untuk kehidupan bermasyarakat. Sedangkan pondok pesantren adalah lembaga pendidikan agama tertua yang sudah ada semenjak zaman wali songo. Dan sudah sangat berperan aktif dalam pembentukan pribadi-pribadi yang berprilaku sesuai kaidah agama islam. Dan juga keberadaan pondok pesantren di tengah-tengah masyarakat juga secara tidak langsung akan berdampak pada pemberdayaan masyarakat sekitar pondok pesantren tersebut. Begitu banyak model-model pemberdayaan yang dapat diterapkan di masyarakat, seperti salah satunya pemberdayaan masyarakat berbasis pondok pesantren. Pondok pesantren pada hakekatnya adalah suatu lembaga yang mempunyai banyak fungsi, selain sebagai lembaga penyiaran agama, pesantren juga mempunyai fungsi sebagi penampung aspirasi masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al Qodir Desa Tanjung Kelurahan Wukirsari Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana masyarakat dan pengelola berpartisipasidan mencapai kemandirian melalui program pengembangan dari berbagai sektor seperti sektor agama, ekonomi, lingkungan serta teknologi tepat guna, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui pengembangannya. Subjek penelitian ini adalah masyarakat sekitar Pondok Pesantren Al-Qodir yaitu masyarakat Desa Tanjung Kelurahan Wukirsari. Metode penelitian adalah dengan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Pondok Pesantren Al-Qodir dalam pemberdayaan masyarakat Desa Tanjung Kelurahan Wukirsari lebih kearah pemberdayaan keagamaan, ekonomi, lingkungan dan sosial. Yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaraan masyarakat akan masalah yang ada dan memecahkannya bersama. Tidak sedikit pihak-pihak yang membantu keberhasilan pemberdayaan tersebut. Namun demikian ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang menjadi kunci penting keberhasilan pemberdayaan masyarakat yaitu Pondok Pesantren Al-Qodir melaui KH. Masrur Ahmad, para santri Pondok Pesantren Al-Qodir, Masyarakat Desa Tanjung Kelurahan Wukirsari dan beberapa pihak terkait yang ikut dalam kegiatan pemberdayaan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat, pondok pesantren
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Jan 2019 08:37
Last Modified: 28 Jan 2019 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32798

Actions (login required)

View Item View Item