FAKTOR PENDORONG LANSIA YANG BEKERJA DALAM BIDANG SEKTOR NON FORMAL (STUDY RT O3 GLAGAH LOR TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)

FITRIANI PASARIBU, NIM. 11250049 (2018) FAKTOR PENDORONG LANSIA YANG BEKERJA DALAM BIDANG SEKTOR NON FORMAL (STUDY RT O3 GLAGAH LOR TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENDORONG LANSIA YANG BEKERJA DALAM BIDANG SEKTOR NON FORMAL (STUDY RT O3 GLAGAH LOR TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA))
11250049_BAB I, BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENDORONG LANSIA YANG BEKERJA DALAM BIDANG SEKTOR NON FORMAL (STUDY RT O3 GLAGAH LOR TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA))
11250049_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (559kB)

Abstract

faktor lansia yang bekerja dalam sektor nonformal RT O3 Glagah Lor Tamanan Bantul Yogyakarta adalah sebagai berikut a. Faktor Ekonomi ; memenuhi kebutuhan hidup Ada beberapa faktor yang melatar belakangi para lansia harus tetap memilih untuk bekerja salah satunya adalah faktor ekonomi. Hidup dalam garis kemiskinan memaksa para lansia harus tetap bekerja untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena hamir seluruh informan berada pada tingkat ekonomi kebawah. b. Faktor Budaya ; Kemandirian Bagi orang lanjut usia yang masih sehat, kemandirian dapat mempertahankan harga dirinya. Hal ini dapat meningkatkan kebahagiaan dalam hidupnya. Ketergantungan justru akan membuat mereka merasa lemah dan tidak berarti lagi. c. Faktor Sosial ; Eksistensi diri 74 Lanjut usia perlu tetap beraktivitas untuk menunjukkan kepuasan hidupnya. Dengan beraktivitas para lanjut usia dapat terhindar dari rasa kesepian yang biasanya menimpa mereka. Hal ini penting karena perasaan kesepian mengakibatkan berkurangnya kepuasaan hidup. Selain itu menurut para lansia bahwa dengan tetap bekerja mereka dapat menunjukkan eksistensinya dan tidak dipandang hanya sebagai beban bagi keluarga, dengan begitu para lansia masih tetap dianggap dan dibutuhkan oleh orang disekitar mereka. d. Faktor Agama Dalam islam bekerja juga merupakan sebuah keharusan, karena islam mengajarkan manusia untuk terus berupaya dan tidak berputus asa. Maka dari itu islam menganjurkan kepada manusia untuk terus berupaya dan bekerja sehingga pekerjaan itu menjadi nilai ibadah bagi manusia itu sendiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.H. Suisyanto, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Lansia, Glagah Lor Tamanan
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Jan 2019 08:38
Last Modified: 29 Jan 2019 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32803

Actions (login required)

View Item View Item