REHABILITASI SOSIAL ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT GRHASIA YOGYAKARTA)

DEBY RAHMAWATI, NIM. 13250045 (2018) REHABILITASI SOSIAL ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT GRHASIA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REHABILITASI SOSIAL ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT GRHASIA YOGYAKARTA))
13250045_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (REHABILITASI SOSIAL ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT GRHASIA YOGYAKARTA))
13250045_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (582kB)

Abstract

Gangguan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang masih perlu untuk diperhatikan lagi penyelesaiannya. Gangguan jiwa merupakan gangguan yang ada dalam cara berpikir, kemauan, emosi dan tindakan. Seorang penderita gangguan jiwa umumnya tidak dapat menangani masalah pada dirinya sendiri secara sehat, perilakunya tidak normal atau tidak sesuai adat dan budaya dimana dia berada. Salah satu gangguan jiwanya adalah skizofrenia. Skizofrenia merupakan gangguan yang terjadi pada fungsi otak. Gejala negatif yang muncul pada skizofrenia merupakan akibat langsung dari kerusakan otak yang mengakibatkan gangguan pada perilaku manusia. Dalam menangani masalah ini pemerintah menyediakan fasilitas berupa rumah sakit jiwa yang bertujuan agar pasien gangguan jiwa dapat diberdayakan lagi dan membantu pasien untuk kembali belajar untuk mandiri. Salah satu rumah sakit jiwa yang ada di Yogyakarta yaitu Rumah Sakit Grhasia. Rumah Sakit Grhasia berada di Jalan Kaliurang km 17 Pakem, Sleman, Yogyakarta. Rumah Sakit Grhasia merupakan rumah sakit yang terdapat terapi medis, psikologis, maupun sosial yang bertujuan untuk mengembalikan keberfungsian sosial pasien. Sehingga peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian di Rumah Sakit Grhasia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses rehabilitasi sosial untuk orang dengan gangguan jiwa di Rumah Sakit Grhasia. Jenis penelitian yang peneliti akukan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta informan yang ada dalam penelitian ini ada 6 orang yang berhubungan dengan proses rehabilitasi dan pasien. Hasil penelitian dalam proses rehabilitasi sosial yang dilakukan oleh Rumah Sakit Grhasia yaitu seleksi pasien di bangsal, registrasi pasien, penjemputan pasien dari bangsal menuju gedung rehabilitasi, layanan rehabilitasi berupa terapi okupasi dan latihan kerja dan yang terakhir evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP, MSW
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi sosial, Skizofrenia, Rumah Sakit Grhasia Yogyakarta
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:41
Last Modified: 29 Jan 2019 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32816

Actions (login required)

View Item View Item