PERSEPSI MAHASISWA BERBASIS PERGURUAN TINGGI AGAMA DAN NON AGAMA TERHADAP PERILAKU ETIS DAN PRINSIP MORAL DALAM BISNIS

IKA RIZQI YULIANI NIM: 04390090, (2009) PERSEPSI MAHASISWA BERBASIS PERGURUAN TINGGI AGAMA DAN NON AGAMA TERHADAP PERILAKU ETIS DAN PRINSIP MORAL DALAM BISNIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MAHASISWA BERBASIS PERGURUAN TINGGI AGAMA DAN NON AGAMA TERHADAP PERILAKU ETIS DAN PRINSIP MORAL DALAM BISNIS)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MAHASISWA BERBASIS PERGURUAN TINGGI AGAMA DAN NON AGAMA TERHADAP PERILAKU ETIS DAN PRINSIP MORAL DALAM BISNIS)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (447kB)

Abstract

Kemajuan ekonomi suatu negara memacu perkembangan bisnis dan mendorong munculnya pelaku bisnis baru sehingga menimbulkan persaingan yang cukup tajam di dalam dunia bisnis. Hampir semua usaha bisnis bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya agar dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku bisnisdan memperluas jaringan usahanya. Untuk mencapai tujuan tersebut, segala upaya dan tindakan dilakukan walaupun pelaku bisnis harus melakukan tindakan yang bertentangan dengan dimensi moral dan etika dari bisnis itu sendiri. Pelanggaran etika bisa terjadi di mana saja, termasuk dalam dunia bisnis. Dalam kenyataannya banyak praktik bisnis yang terjadi selama ini ini masih cenderung mengabaikan etika, rasa keadilan, dan kerapkali diwarnai praktik-praktik tidak terpuji. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu adanya pemahaman dan implementasi etika bisnis yang selaras bagi pelaku usaha. Oleh sebab itu perlu adanya penerapan etika, moral dan aklak yang disampaikan kepada mahasiswa karena mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang secara tidak langsung akan bersentuhan dengan dunia bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk menguji persepsi mahasiswa berbasis perguruan tinggi agama dan non agama terhadap perilaku etis dan prinsip moral dalam bisnis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden yang diteliti terdiri dari mahasiswa ekonomi yang berasal dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Kepahlawanan Negara, dan Akademi Akuntansi Yayasan Kepahlawanan Negara. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode Convenience Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik uji-t untuk dua sampel bebas atau yang disebut dengan independent sampel t-test, dimana analisis independent sampel t-test digunakan untuk membandingkan dua sampel bebas satu dengan yang lainnya. Adapun proses perhitungan dan analisisnya menggunakan komputer (SPSS 12 for Windows). Dari hasil uji validitas di ketahui bahwa setiap variabel berada di atas nilai rtabel yaitu sebesar 0,159. Demikian juga dengan hasil uji reabilitas, setiap variabel bernilai diatas 0.60, yang dapat dinyatakan realibel dan dapat di ujikan. Hasil uji t-test yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa setiap variabel berada pada derajat signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan persepsi secara signifikan antara mahasiswa berbasis perguruan tinggi agama dan non agama terhadap perilaku etis dan prinsip moral. Perbedaan ini karena adanya faktor lingkungan, perbedaan pembelajaran kurikulum agama, dan adanya faktor akhlak yang tertanam dalam diri setiap orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Sunarsih, SE., M.Si. Dr. M. Fakhri Husein, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Perilaku etis, Prinsip Moral, Mahasiswa perguruan tinggi agama dan non agama.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 09:16
Last Modified: 22 Aug 2016 01:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3282

Actions (login required)

View Item View Item