POLA ASUH ORANG TUA ANGGOTA PKH (STUDI KASUS KELOMPOK PKH ‘SOROSUTAN I’ DI KELURAHAN SOROSUTAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)

TRI INDAH PURWAHYUNI, NIM.13250066 (2018) POLA ASUH ORANG TUA ANGGOTA PKH (STUDI KASUS KELOMPOK PKH ‘SOROSUTAN I’ DI KELURAHAN SOROSUTAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA ANGGOTA PKH (STUDI KASUS KELOMPOK PKH ‘SOROSUTAN I’ DI KELURAHAN SOROSUTAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA))
13250066_ BAB-1, V, DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA ANGGOTA PKH (STUDI KASUS KELOMPOK PKH ‘SOROSUTAN I’ DI KELURAHAN SOROSUTAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA))
13250066_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada kemapanan generasi penerusnya. Karena itu, anak sebagai generasi penerus bangsa harus dilindungi dan dipenuhi hak-haknya agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, sosial maupun intelektual. Program Keluarga Harapan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan sistem perlindungan sosial. Tak jarang anak rentan untuk menjadi korban dari kesalahan orang tua dalam pengasuhan. Oleh karena itu, anak sebagai generasi penerus yang menjadi harapan dalam keluarga dan bangsa harus diberikan pengasuhan yang tepat agar terjamin tumbuhkembangnya dengan baik, dalam Program Keluarga Harapan ada kegiatan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2) untuk membantu keberfungsian sosial keluarga penerima manfaat PKH dalam tugas- tugas kehidupan mereka, salah satunya adalah pengasuhan anak oleh orang tua. Maka dalam hal ini, peneliti memfokuskan penelitiannya tentang pola asuh orang tua anggota PKH terhadap anak di kelompok Sorosutan I Kelurahan Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola asuh menurut Elizabeth B. Hurlock yang dibagi menjadi tiga macam, yaitu pola asuh otoriter, pola asuh permisif dan pola asuh demokratis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta saat ini dari suatu populasi yang meliputi kegiatan penilaian sikap dengan mengambil sampel 30 orang tua PKH. Data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan, dianalisa dengan menentukan nilai rata- rata dan nilai simpangan baku. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis pola asuh orang tua anggota Program Keluarga Harapan mayoritas menerapkan pola asuh demokratis. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan yang menggunakan tipe pola asuh demokratis sebanyak 93,3% dan mayoritas orang tuaanggota PKH adalah seorang ibu rumah tangga yang berpendidikan tamat SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, PKH, Keluarga Penerima Manfaat
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Jan 2019 10:15
Last Modified: 29 Jan 2019 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32820

Actions (login required)

View Item View Item