PENGARUH FAKTOR KEBERMANFAATAN DAN FAKTOR KEMUDAHAN TERHADAP PENERIMAAN VISILIBRARY RFID FINGERPRINT PADA PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Misbahul Munir, S.Pd.I, NIM. 1620010031 (2018) PENGARUH FAKTOR KEBERMANFAATAN DAN FAKTOR KEMUDAHAN TERHADAP PENERIMAAN VISILIBRARY RFID FINGERPRINT PADA PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FAKTOR KEBERMANFAATAN DAN FAKTOR KEMUDAHAN TERHADAP PENERIMAAN VISILIBRARY RFID FINGERPRINT PADA PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1620010031_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FAKTOR KEBERMANFAATAN DAN FAKTOR KEMUDAHAN TERHADAP PENERIMAAN VISILIBRARY RFID FINGERPRINT PADA PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1620010031_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan Visilibrary RFID Fingerprint menggunakan teori pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dengan melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semakin besar faktor-faktor tersebut berpengaruh, maka akan semakin tinggi pula penerimaan pemustaka terhadap perangkat peminjaman mandiri Visilibrary RFID Fingerprint. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 kuesioner yang disebar kepada responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 17.0 for windows. Analisis data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian ini 1). Uji hipotesis variabel kebermanfaatan terhadap variabel penerimaan didapatkan nilai korelasi hitung sebesar 0,625 bernilai positif dan lebih besar dari nilai rtabel sebesar 0,256 untuk N = 99 dengan taraf kesalahan 10%, atau r Hitung > r tabel = 0,625 > 0,256. Hal ini berarti bahwa variabel kebermanfaatan diterima dan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan Visilibrary RFID Fingerprint, 2). Pada variabel kemudahan didapatkan nilai koefisien korelasi hitung sebesar 0,703 bernilai positif dan lebih besar dari nilai r tabel sebesar untuk N = 99 dengan taraf kesalahan 10%, atau rHitung > r tabel = 0,703 > 0,256. Artinya variabel kemudahan diterima dan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan Visilibrary RFID Fingerprint, dan 3). Variable kebermanfaatan dan kemudahan secara bersama-sama berpengaruh terhadap variable penerimaan didapatkan nilai r hitung atau nilai koefisien korelasi hitung sebesar 0,715 bernilai positif dan nilai tersebut lebih besar dari nilai r tabel sebesar untuk N = 99 dengan taraf kesalahan 10%, atau r Hitung > r tabel = 0,715 > 0,256. Artinya bahwa variabel kebermanfaatan dan variabel kemudahan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap penerimaan Visilibrary RFID Fingerprint. Selanjutnya penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan pemustaka terhadap perangkat peminjaman mandiri Visilibrary RFID Fingerprint di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diterima. Hal ini berdasarkan dari 3 (tiga) hipotesis yang diajukan dan semua hipotesis dinyatakan signifikan. Hipotesis yang signifikan yaitu: 1). Faktor kebermanfaatan berpengaruh positif terhadap penerimaan Visilibrary RFID Fingerprint pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2). Faktor kemudahan berpengaruh positif terhadap penerimaan Visilibrary RFID Fingerprint pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan 3). Faktor kebermanfaatan dan kemudahan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap penerimaan Visilibrary RFID Fingerprint pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M,Si
Uncontrolled Keywords: Kebermanfaatan, Kemudahan, Penerimaan, Technology Acceptance Model, UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2019 11:18
Last Modified: 29 Jan 2019 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32826

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum