UPAYA PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA YANG MELANGGAR TATA TERTIB DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

IKA KESAKTIAN PUTRI, NIM. 13250114 (2018) UPAYA PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA YANG MELANGGAR TATA TERTIB DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA YANG MELANGGAR TATA TERTIB DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
13250114_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA YANG MELANGGAR TATA TERTIB DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
13250114_BA-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (487kB)

Abstract

Permasalahan remaja yang sampai saat ini menjadi perhatian serius bagi semua kalangan adalah kenakalan remaja. Biasanya kenakalan remaja itu timbul karena beberapa faktor diantaranya faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Melihat dari penyebab kenakalan remaja tersebut, maka untuk menanggulangi kenakalan remaja juga membutuhkan dari beberapa pihak yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana penanggulangan dari pihak sekolah khususnya dalam menanggulangi kenakalan remaja. Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang akhirnya menjadi obyek peneliti. Sekolah tersebut mayoritas siswanya adalah laki-laki dan memiliki latarbelakang tidak diterima di sekolah yang sesuai dengan pilihan mereka. Kondisi yang seperti ini yang memungkinkan timbulnya kenakalan remaja. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana wujud kenakalan remaja, faktor kenakalan remaja dan penanggulangan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wujud kenakalan remaja yang melanggar tata tertib sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta antara lain terlambat masuk sekolah, bermain handphone saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), tidur saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), membolos saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), membolos sekolah dan tawuran. Faktor-faktor yang menimbulkan kenakalan remaja tersebut yaitu Pertama, keluarga yang menjadi faktor utama dari perilaku kenakalan remaja. Faktor tersebut diantaranya kondisi keluarga yang broken home, quasi broken home dan kurangnya perhatian dari orangtua. Kedua yaitu faktor dari dalam diri sendiri. Faktor yang ditemui dari hasil penelitian adalah kurangnya pemahaman agama seperti shalat masih belum lengkap 5 waktu. Ketiga, faktor dari sekolah. Beberapa guru yang ada di sekolah dalam penyampaian materi masih monoton/lebih kepada kualitas guru dalam mengajar. Keempat, faktor yang selanjutnya adalah teman sebaya. Teman sebaya juga menjadi faktor pendukung adanya kenakalan remaja karena rasa loyalitas dan kesetiakawanan antar teman yang masih tinggi. Adapun penanggulangan kenakalan remaja yang melanggar tata tertib sekolah dilakukan melalui 3 tahapan yaitu preventif (tindakan pencegahan) meliputi sosialisai, motivasi dan ceramah. Sedangkan, upaya represif (tindakan hukuman) meliputi hukuman mendidik (push up, sit up, lari dll) serta teguran lisan maupun tulisan. Terakhir, upaya kuratif dan rehabilitasi dilakukan jika upaya preventif dan represif tidak memiliki imbal balik kepada siswa. Adapun bentuknya meliputi konseling, konseling kelompok dan pemondokan di Pondok Pesantren Al Hadid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.I.P., MSW
Uncontrolled Keywords: Upaya Penanggulangan, Kenakalan Remaja.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:23
Last Modified: 29 Jan 2019 07:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32832

Actions (login required)

View Item View Item