PANTI ASUHAN BERBASIS PESANTREN

Siswanto, S.Sos.I, NIM. 1620010055 (2018) PANTI ASUHAN BERBASIS PESANTREN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANTI ASUHAN BERBASIS PESANTREN)
1620010055_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PANTI ASUHAN BERBASIS PESANTREN)
1620010055_BAB-IIsampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan embrio munculnya sistem pendidikan nasional di Indonesia.Karena sejak dahulu sampai sekarang pondok pesantren memiliki sumbangsih yang sangat besar dalam mencetak kader muda bangsa.Di mana pondok pesantren tidak hanya sebagai tempat tinggal bagi santri, tetapi juga pondok pesantren bisa dijadikan sebagai tempat belajar mengajar dalam mencari ilmu agama bagi santri dan masyarakat sekitar.Oleh karena itu tidak semua pondok pesantren yang ada di Indonesia mampu memberikan pelayanan sosial secara gratis kepada santri. Dalam konteks ini, Pondok Pesantren Al-Mafaza adalah satu dari sekian pondok pesantren yang memberikan pelayanan sosial secara gratis kepada para santri, mulai dari tempat tinggal, makan dan minum, pendidikan, perlindungan, kesejahteraan, dan kesehatan kepada santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsep keilmuan Interdisciplinary Islamic Studies dalam bidang Pekerjaan Sosial yaitu: Panti Asuhan Berbasis Pesantren. Studi pola asuh Pondok Pesantren Al-Mafaza, Banguntapan, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis dengan menggunakan teori bronfrenbrennerdan sistem kesejahteraan sosial.Adapun metode penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pola asuh di Pondok Pesantren Al-Mafaza?, Sejauh mana sistem pengasuhan di Pondok Pesantren Al-Mafaza dengan Standar Nasional Pengasuhan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak?. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pola asuh santri di Pondok Pesantren Al-Mafaza terbentuk tidak lain adalah adanya peran dari kiai/pengasuh dalam mendidik dan mengarahkan santri agar menjadi pribadi yang baik dan berkarakter, serta untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, perlindungan dan mendapatkan lingkungan yang aman. Sedangkan dilihat dari sistem pengasuhan dengan Standar Pengasuhan Nasional di Lembaga Kesejahateraan Sosial Anak, sudah sesuai dengan di LKSA. Di mana dalam praktiknya, pesantren ini sudah melakukan pemenuhan kebutuhan dasar anak/santri yaitu: pendidikan, makan, minum, kesehatan, perlindungan anak, dan tempat tinggal yang layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, MA
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Anak, Pesantern Al-Mafaza dan LKSA.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32836

Actions (login required)

View Item View Item