RESPON PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA KORBAN PASUNG (STUDI DI DESA DLINGO KEC. DLINGO KAB. BANTUL YOGYAKARTA)

NDARUWATI SELVIANA, NIM. 13250081 (2018) RESPON PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA KORBAN PASUNG (STUDI DI DESA DLINGO KEC. DLINGO KAB. BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA KORBAN PASUNG (STUDI DI DESA DLINGO KEC. DLINGO KAB. BANTUL YOGYAKARTA))
13250081_BAB 1_BAB_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESPON PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA KORBAN PASUNG (STUDI DI DESA DLINGO KEC. DLINGO KAB. BANTUL YOGYAKARTA))
13250081_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana respon penerimaan masyarakat terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Korban Pasung yang berada di Desa Dlingo Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta. Penelitian ini didasari oleh banyak ODGJ yang mengalami pemasungan di daerah Bantul Yogyakarta. Disamping itu masyarakat masih banyak yang tidak memahami bagaimana idealnya menangani ODGJ. Pemasungan masih banyak dilakukan meski gubernur telah menerbitkan larangan pemasungan melalui Peraturan Gubernur (Pergub DIY) Nomor 81 Tahun 2014 tentang Sosialisasi Pedoman Penanggulangan Pemasungan. Agar upaya yang dilakukan pekerja sosial dalam menangani korban pasung dapat dilakukan dengan baik, perlu adanya penerimaan serta dukungan dari masyarakat sekitar atau keluarga. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian deskriptif analisis. Data-data yang didapatkan peneliti dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian menyajikan data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, penulis menggunakan teknik triagulasi, dengan membandingkan/pengecekan keabsahan data yang memanfaatkan hasil wawancara dengan data hasil pengamatan dan data dokumen-dokumen yang berkaitan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa respon penerimaan ODGJ korban pasung di Desa Dlingo bermacam-macam, hal ini berdasarkan dari respon kognitif, respon afektif dan respon behavioral, dari ketiga jenis respon tersebut nantinya akan menghasilkan respon yang berbeda, seperti menerima atau tidak menerima dan negatif atau positif. Selain itu pemasungan yang terjadi disebabkan oleh ketakutan masyarakat, ketakutan keuarga dan kurangnya pengetahuan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, SIP, MSW
Uncontrolled Keywords: Respon Peneriamaan Masyarakat Orang Dengan Gangguan Jiwa Korban Pasung
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 02:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32843

Actions (login required)

View Item View Item