PENGARUH WISATA RELIGI MAKAM MBAH NUR DI DUSUN GENTING DESA WALANGSANGA KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH

Moch Aji Kurniawan, NIM. 13250106 (2018) PENGARUH WISATA RELIGI MAKAM MBAH NUR DI DUSUN GENTING DESA WALANGSANGA KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH WISATA RELIGI MAKAM MBAH NUR DI DUSUN GENTING DESA WALANGSANGA KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH)
13250106 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH WISATA RELIGI MAKAM MBAH NUR DI DUSUN GENTING DESA WALANGSANGA KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH)
13250106 BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (633kB)

Abstract

Desa Walangsanga terkenal dengan wisata religi makam mbah Nur. orang-orang yang datang pada umumnya melakukan ritual ziarah seperti berdoa, berdzikir, berwirid, serta mengambil air dari sumur di kompelk pemakaman. Setiap di hari libur, baik nasional maupun islam, makam mbah Nur selalu ramai di kunjungi oleh para peziarah, puncaknya pada peringatan haul mbah Nur peziarah yang datang bisa mencapai ribuan, hal tersebut secara langsung bisa menggerakan roda ekonomi di kawasan makam mbah Nur sendiri serta memebrikan dampak yang postif baik sosial mapupun ekonomi. Dari latar belakang yang ada di atas peneliti mencoba melakaukan penelitian menggunakan metode obeservasi dan wawancara ingin mengetahui dampak dari adanya wisata religi mbah Nur terhadap warga dusun Genting, dengan menggunakan teori Nyoman S Pendit tentang pengaruh serta dampak dari pariwisata terhadap warga dusun Genting, dan hasilnya positif baik dari segi ekonomi maupun sosial dari adanya wisata religi Mbah nur, masyarakat mendapatkan alternatif pekerjaan selain merantau ke Jakarta, karena masyarakat pada umummnya yang tinggal di dusun Genting mayoritas pemudanya merupakan perantau. Jadi secara langsung dapatmebuka kesempatan berusaha, serta membantu warga dusun Genting untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dari wisata religi Makam mbah Nur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Wisata Religi Makam Mbah Nur
Subjects: Pekerjaan Sosial
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 02:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32846

Actions (login required)

View Item View Item