PERAN BUMDES DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUNJULHARJO MELALUI BADAN PENGELOLA PANTAI KARANG JAHE REMBANG

SAIFUL UMAM, NIM. 13250112 (2018) PERAN BUMDES DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUNJULHARJO MELALUI BADAN PENGELOLA PANTAI KARANG JAHE REMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BUMDES DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUNJULHARJO MELALUI BADAN PENGELOLA PANTAI KARANG JAHE REMBANG)
13250112_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN BUMDES DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUNJULHARJO MELALUI BADAN PENGELOLA PANTAI KARANG JAHE REMBANG)
13250112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (487kB)

Abstract

Sebagian masyarakat Rembang awalnya tidak mengetahui pantai Karangjahe yang terdampak abrasi dan banyak sampah. Namun saat ini pantai karangjahe telah menjadi salah satu destinasi wisata yang paling ramai di Kabupaten Rembang, bentangan pasir putih di sepanjang pantai utara jawa dan juga hutan pohon cemara laut menjadi daya tarik yang memikat para pengunjung. Dulu pantai ini menjadi masalah besar bagi masyarakat Desa Punjulharjo dengan abrasinya sekarang justru membawa berkah dan menjadi kekuatan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya adanya wisata ini juga terjadi peningkatan sumber daya manusia yang lebih sadar akan lingakungan dan sadar wisata. Salah satu upaya pemerintah desa dalam menanggulangi permasalahan lingkungan hidup yang berkaitan dengan wisata, yaitu pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perokonomian desa dan dibentuk berdasrkan kebutuhan serta potensi desa. Penelitian ini berjudul “Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pembangunan Sosial Masyarakat Desa Punjulharjo Melalui Badan Pengelola (BP) Pantai Karangjahe Rembang”. Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan peran apa saja yang dilakukan oleh BUMDes dalam pembangunan sosial masyarakat desa punjulharjo melalui badan pengelola pantai Karangjahe dan juga dampak sosial-ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Desa Punjulharjo. Penelitiaan ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk memahami lebih dalam lagi mengenai peran-peran dn dijalankan BUMDes dalam pembangunan sosial masyarakat melalui BP Pantai Karangjahe. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada beberapa informan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Kemudian penelitian ini meggunakan tinjauan mengenai lembaga layanan masyarakat, dan teori pembangunan sosial serta tinjauan mengenai dampak sosial ekonomi yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini berlokasi di Desan Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BUMDes Abimantrana berperan sebagai lembaga pelayanan berbasis masyarakat, BUMDes memiliki tiga peran, yaitu: (1)peneyebaran informasi yang mendorong terbentuknya jaringan, (2) berperan penting dan vital dalam menangani permasalahan, (3) relokasi sumber daya, karena adanya beberapa tingkat sumberdaya dalam masyarakat untuk pembangunan. Kemudian ditemukan beberapa dampak dari adanya Badan Pengelola pantai Karangjahe, yaitu: (1) permasalahan abrasi dan pengelolalan wisata teratasi dengan baik, (2) terpenuhinya kebutuhan ekonomi dan kesehatan masyrakat, (3) kesempatan sosial yang ada dapat dimaksimalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, SIP, MSW
Uncontrolled Keywords: Peran, BUMDes, pembangunan sosial, badan pengelola Karangjahe
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:46
Last Modified: 30 Jan 2019 02:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32848

Actions (login required)

View Item View Item