PARTISIPASI MASYARAKAT KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI DI DUSUN KREBET, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA)

ERLITA PRASESTI, NIM. 14250025 (2018) PARTISIPASI MASYARAKAT KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI DI DUSUN KREBET, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI DI DUSUN KREBET, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
14250025_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI DI DUSUN KREBET, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
14250025_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang terbentuknya kelompok sadar wisata Krebet karena adanya potensi-potensi yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata. Sehingga peneliti ingin meneliti tentang partisipasi kelompok sadar wisata terhadap kesejahteraan masyarakat. Teori yang dipakai oleh peneliti ada dua yaitu teori partisipasi dan teori kesejahteraan sosial. Penelitian yang dilakukan adalah deksriptif kualitatif. Kemudian lokasi penelitian berada di Desa Wisata Krebet, Sendangsari, pajangan, Bantul, Yogyakarta. Untuk subjek penelitian yaitu kepala Dusun, pengurus kelompok sadar wisata, salah satu pengusaha batik kayu, pemilik homestay dan orang yang dianggap tetua di Krebet. Teknik analisa yaitu meringkas data sehingga mudah dipahami, kemudian mereduksi yaitu merangkum data yang diperlukan, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasrtisipasi kelompok sadar wisata di Dusun Krebet sangatlah penting untuk masyarakat. Pasrtisipasi kelompok sadar wisata antara lain menghidupkan sapta pesona sehingga mengundang wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisata Krebet. Selain itu, partisipasi kelompok sadar wisata yang lain adalah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Dusun Krebet untuk bersama-sama mengelola wisata sehingga kesejahteraan di wilayah tersebut dapat terangkat. Tidak hanya menjadi pengelola wisata, masyarakat juga diberikan kesempatan untuk membuka usaha homestay dan kuliner. Hasil dari pendapatan yang masuk di bagikan kepada masyarakat yang mengelola dan organisasi yang ada di Dusun Krebet seperti LPMD. Selain hal tersebut, hasilnya dapat digunakan untuk pengembangan wisata dan peminjaman modal bagi masyarakat yang ingin membuka usaha homestay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisiyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, kelompok sadar wisata, kesejahteraan masyarakat
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Jan 2019 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32857

Actions (login required)

View Item View Item