EFIKASI DIRI PETANI TEMBAKAU (STUDI PADA MASYARAKAT DESA LEGOKSARI KECAMATAN TLOGOMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG)

ASMAWATI EKA LESTARI, NIM. 14250045 (2018) EFIKASI DIRI PETANI TEMBAKAU (STUDI PADA MASYARAKAT DESA LEGOKSARI KECAMATAN TLOGOMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFIKASI DIRI PETANI TEMBAKAU (STUDI PADA MASYARAKAT DESA LEGOKSARI KECAMATAN TLOGOMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG))
14250045_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFIKASI DIRI PETANI TEMBAKAU (STUDI PADA MASYARAKAT DESA LEGOKSARI KECAMATAN TLOGOMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG))
14250045_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat petani tembakau yang bisa memeberikan keterengan tetang efikasi diri yang bekerja sebagai buruh tani, pekerja pembantu rumah tangga, petani pemilik lahan, pemerhati petani tembakau setempat. Teknik yang digunakan dalam dalam menentukan sampel adalah dengan proses observasi, life history, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian inI menunjukan bahwa sumber efikasi diri petani tembakau diperoleh dari 4 hal, yakni 1).Pengalaman keberhasilan petani tembakau dalam melakukan aktivitas menekuni usaha bercocok tanam tembakau akan menumbuhkan dan menambahkan harapan, sedangkan kegagalan yang berulang yang pernah dialami petani tembakau akan memberikan kelemahan.2).Pengalaman orang lain akan menimbulkan keyakinan bahwa petani tembakau juga akan mengalami keberhasilan yang sama apabila usaha dilakukan secara intensif dan maksimal. 3).Persuasi verbal berupa arahan untuk menggerakan usahanya lebih kompeten agar bisa bangkit dari kegagalannya.4).Tingkat kondisi emosianal fisiologis petani tembakau sesuai dengan perilakunya akan mempengaruhi pelaksanaan usaha pertanian demi tercapainya hasil produktivitas yang baik dan peningkatan hasil produksi. Dampak efikasi diri petani tembakau terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat desa Legoksari adalah hubungan interaksi sosial semakin erat, nilai kerukunan tetap tercipta dan partisipasi masyarakat yang baik. Peningkatan efikasi diri petani tembakau memberikan peluang modal pemenuhan kebutuhan ekonomi semakin lancar dan selalu tercukupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Petani tembakau
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Jan 2019 08:32
Last Modified: 31 Jan 2019 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32870

Actions (login required)

View Item View Item