AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI AGHNIYAH UMU KULTHUM AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH FI 'ILM AL BALAGHAH)

DAHRIZAL, NIM. 11110017 (2018) AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI AGHNIYAH UMU KULTHUM AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH FI 'ILM AL BALAGHAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI AGHNIYAH UMU KULTHUM AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH FI 'ILM AL BALAGHAH))
11110017_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI AGHNIYAH UMU KULTHUM AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH FI 'ILM AL BALAGHAH))
11110017_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Melihat realita yang ada pada era globalisasi sekarang ini, betapa kurangnya minat dari Mahsiswa dan Pelajar untuk menikmati lagu-lagu Arab tempo dulu. Sehingga gairah untuk menikmatinya sangatlah minim dan berkurang untuk khalayak umum. Khususnya lagu arab Umi Kaltsum, karena didalam lagunya terdapat banyak sekali uangkapan-ungkapan yang mendalam, meliputi penghayatan, ekspresi, curahan hati dan pesan moral. Beliau juga seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu, baik menggunakan Bahasa arab ‘Ammiyah dan Pushah. Selain profesi sebagai penyanyi, ia juga seorang sastrawati serta aktivis dalam pemerintahan, sehingga banyak sekali yang ingin mengajaknya terjun kedalam pemerintahan. Syair-syair lagu Umi Kaltsum banyak sekali mengandung makna-makna yang mendalam, diksinya sangat sederhana, sehingga mudah diterima disemua kalangan, meskipun menggunakan bahasa arab ‘Ammiyah dan Pushah. Beliau juga memiliki tangga nada perempuan yang sangat tinggi, berbeda dengan type suara penyanyi perempuan yang lain, yang seharusnya memiliki tangga suara yang standar perempuan tingginya. Akan tetapi beliau memiliki suara yang tangga nadanya diatas rata-rata, meskipun penyanyi perempuan yang lain sulit untuk meniru suara aslinya dengan kapasitas yang maksimal. Dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode kajian pustaka atau library research, dan sistematika dalam penulisan penelitian ini mengacu pada buku panduan yang telah diterbitkan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun analisis isi dalam lagu Umi Kaltsum ini, penulis menggunakan teori ilmu Balaghah, yaitu Ilmu Badi’. Sebenarnya, objek kajian yang paling banyak dan seringkali kita temukan yaitu didalam Al-Qur’anul Karim, Barzanji, Dhiba’, Puisi dan Shalawat/Pujian. Sedangkan untuk objek kajiannya khusus lagu-lagu arab itu sangatlah minim dan bisa dibilang kurang peminatnya. Dengan demikian penulis mempunyai inisiatif keras untuk meneliti lagu arab khususnya Ummu Kalstum dengan judul lagu ( أنت فكروني ,انت الحب ,عمری ,هذه ليلتى , امل حياتى ). Selain untuk refernsi, juga sebagai acuan pembelajaran bagi Pelajar dan mahasiswa untuk lebih mudah lagi memahami tentang teori, kajian maupun analisi, terlebih didalam Ilmu Badi’ disiplin Ilmu Balaghah. Dengan penuh pertimbangan dan pemikiran yang mendalam, penulis akan meneliti lagu Arab Ummu Kaltsum dengan menggunakan teori Ilmu Badi’ dalam disiplin Ilmu Balaghah. Data ini diambil dari kitab Al Hanjarah Al Dzahabiyyah, Hayatun Wa Aghani Kaukabusy Syarqi, Ummu Kultsum, Majmu’atun Aghaniha Al Kamilah. Kata kunci: Al Hanjarah Al Dzahabiyyah, Hayatun Wa Aghani Kaukabusy Syarqi, Ummu Kultsum, Majmu’atun Aghaniha Al Kamilah. Syair Ummu Kultsum, Engkaulah Umurku, Inilah Malamku, Dan Aktivitas Kehidupanku, Ilmu Badi’, Ilmu Balaghah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Uki Sukiman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Al Hanjarah Al Dzahabiyyah, Hayatun Wa Aghani Kaukabusy Syarqi, Ummu Kultsum, Majmu’atun Aghaniha Al Kamilah. Syair Ummu Kultsum, Engkaulah Umurku, Inilah Malamku, Dan Aktivitas Kehidupanku, Ilmu Badi’, Ilmu Balaghah.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jun 2019 14:33
Last Modified: 10 Jun 2019 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum