DINAMIKA KELOMPOK DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PENGRAJIN “LESTARI KARYA” (STUDI KASUS DI DESA PAMPANG KECAMATAN PALIYAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

WAHYU SEKAR SARI, NIM. 4250048 (2018) DINAMIKA KELOMPOK DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PENGRAJIN “LESTARI KARYA” (STUDI KASUS DI DESA PAMPANG KECAMATAN PALIYAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (DINAMIKA KELOMPOK DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PENGRAJIN “LESTARI KARYA” (STUDI KASUS DI DESA PAMPANG KECAMATAN PALIYAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
14250048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (32MB)
[img]
Preview
Text (DINAMIKA KELOMPOK DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PENGRAJIN “LESTARI KARYA” (STUDI KASUS DI DESA PAMPANG KECAMATAN PALIYAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
14250048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview

Abstract

Desa Pampang menjadi salah satu industri sentra kerajinan pera Kabupaten Gunungkidul yang mengalami kemajuan lebih pesat jika dibandin dengan desa wilayah lain. Pengrajin perak yang pada awalnya bekerja di Kota dan kemudian memutuskan untuk kembali ke desa Pampang untuk me pengrajin mandiri ternyata menemui hambatan yang tidak bisa ditangani se mandiri. Hambatan tersebut meliputi kesulitan dalam mencari bahan b kebutuhan peralatan dalam proses pembuatan, kesulitan keuangan dan m sampai dengan tahap pemasaran. Maka dari itu, pembentukan kelompok peng “Lestari Karya” menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut karena se jenis aspek kepentingan dan permasalahan yang ada di dalam kelompok diselesaikan secara bersama-sama. Kelompok pengrajin “Lestari Karya” dijadikan sebagai agen sosialisasi pertama dan tempat perluasan jaringan khusu bagi para anggota kelompok untuk mengembangkan minat, bakat dan keteramp Kedinamisan sebuah kelompok akan mendorong adanya upaya-upaya dilakukan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok sehi kemajuan kelompok tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menget pelaksanaan dinamika kelompok dalam upaya peningkatan kesejahteraan kelo “Lestari Karya” dan peningkatan kesejahteraan anggota setelah bergabung de kelompok “Lestari Karya”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualit Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kelompok pengrajin “Le Karya” dikategorikan dinamis terbukti dari indikator unsur-unsur dina kelompok secara umum sudah berjalan dengan baik namun masih ada indik unsur yang perlu perbaiki lagi yaitu unsur kekompakan kelompok meli keterpaduan kelompok dan unsur efektivitas kelompok meliputi ketergantu anggota terhadap ketua kelompok. Peningkatan kesejahteraan yang terjad kelompok “Lestari Karya” yaitu pada aspek fisik meliputi pembang showroom, pengadaan infrastruktur penunjuk jalan dan plakat menuju Sentra Pe pembuatan papan photobooth sebagai media promosi melalui video iklan, a perumahan meliputi peningkatan kelayakan kondisi rumah, aspek pendid meliputi kemudahan membayar biaya pendidikan dan anak melalui pinja koperasi dan adanya pendidikan informal kepada pengrajin seperti pelatihan workshop. Aspek kesehatan meliputi kemudahan dalam melakukan pinjaman b pengobatan dari koperasi, aspek ketenagakerjaan meliputi pengura pengangguran, dan pada aspek ekonomi yaitu adanya peningkatan pendapatan pada awalnya hanya Rp 20.000 – Rp 25.000 menjadi Rp 1.800.000 – Rp 3.600.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M. A., BSW., Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Dinamika Kelompok, Kelompok Pengrajin.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Jan 2019 08:39
Last Modified: 31 Jan 2019 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32873

Actions (login required)

View Item View Item