Al Qissah al qasirah qissah Fathiyyah al Misriyyah li Nawal al Sa'dawiy (dirasah tahliliyyah ijtimaiyyah markisiyyah)

DITA UTAMA, NIM. 11110024 (2018) Al Qissah al qasirah qissah Fathiyyah al Misriyyah li Nawal al Sa'dawiy (dirasah tahliliyyah ijtimaiyyah markisiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Qissah al qasirah qissah Fathiyyah al Misriyyah li Nawal al Sa'dawiy (dirasah tahliliyyah ijtimaiyyah markisiyyah))
11110024_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al Qissah al qasirah qissah Fathiyyah al Misriyyah li Nawal al Sa'dawiy (dirasah tahliliyyah ijtimaiyyah markisiyyah))
11110024_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memilih objek material berupa cerpen yang berjudul “Qishshah Fathiyah al-Mishriyah” dalam antologi cerpen Adab am Qillatu Adab karya Nawal Sa’dawi dengan pendekatan sosiologi marxisme. Marxisme adalah sebuah pemikiran yang dicetuskan oleh Karl Marx. Pada cerpen ini menggambarkan tentang sebuah perjuangan kelas yang berusaha untuk menghapus ketidakadilan di atas kekuasaan. Melalui pendekatan sosiologi sastra marxisme cerpen ini dapat disimpulkan bahwa konflik sosial politik yang terjadi disebabkan oleh faktor atau kondisi sosial itu sendiri. Harta menjadi kiblat dalam menentukan kelas sosial manakah dirinya. Kebahagiaan pun juga ditentukan kelas sosial. Pada cerpen ini, kelas bawah selalu tertindas oleh kelas atas yang berbuat semena-mena bahkan menyiksanya. Seperti yang dialami tokoh utama Fathiya, ia dipaksa menikah dengan lelaki tua yang tidak ia cintai yang usianya jauh lebih tua darinya. Bahkan setelah menikah ia mendapatkan perlakuan kasar dari suaminya. Kata kunci : Sosiologi Marxisme, Kelas Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Tatik Maryatut Tasnimah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Marxisme, Kelas Sosial.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jun 2019 14:33
Last Modified: 10 Jun 2019 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum