FUNGSI AGIL PADA JANDA DI PERKUMPULAN PERSAUDARAAN JANDA-JANDA INDONESIA (PJJI) ARMALAH CABANG KOTA YOGYAKARTA (ANALISIS FUNGSIONALISME STRUCTURAL TALCOTT PARSONS)

BAYTUN NASIHAH, NIM. 14250053 (2018) FUNGSI AGIL PADA JANDA DI PERKUMPULAN PERSAUDARAAN JANDA-JANDA INDONESIA (PJJI) ARMALAH CABANG KOTA YOGYAKARTA (ANALISIS FUNGSIONALISME STRUCTURAL TALCOTT PARSONS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (FUNGSI AGIL PADA JANDA DI PERKUMPULAN PERSAUDARAAN JANDA-JANDA INDONESIA (PJJI) ARMALAH CABANG KOTA YOGYAKARTA (ANALISIS FUNGSIONALISME STRUCTURAL TALCOTT PARSONS))
14250053_BAB-1_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (38MB)
[img]
Preview
Text (FUNGSI AGIL PADA JANDA DI PERKUMPULAN PERSAUDARAAN JANDA-JANDA INDONESIA (PJJI) ARMALAH CABANG KOTA YOGYAKARTA (ANALISIS FUNGSIONALISME STRUCTURAL TALCOTT PARSONS))
14250053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan menjelaskan tentang pemenuhan fungsi agil pada janda di perkumpulan PJJI Armalah cabang Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Perkumpulan Persaudaraan Janda-Janda Indonesia (PJJI) Armalah cabang KotaYogyakarta dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua janda anggota perkumpulan PJJI Armalah cabang Kota Yogyakarta. Subjek utama dalam penelitian diambil secara purposive sampling, selanjutnya pemilihan responden dilakukan dengan Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa janda di perkumpulan PJJI Armalah mampu menjalankan peranannya di dalam keluarga dan lingkungan masyarakat tempat tinggalnya. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan janda dalam menghadapi segala masalah-masalah yang ada di hidupnya. Para janda mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan serta status barunya demi untuk memenuhi tujuan hidupnya. Selain itu, dikatakan janda merupakan wanita yang tangguh karena mereka dapat menjalankan dua peran sekaligus yaitu peran dalam ranah domestik dan ranah publik dengan baik. Dalam ranah domestik mereka menjalankan peran ganda yaitu sebagai ibu sekaligus ayah bagi anak dan keluarganya. sedangkan dalam ranah publik mereka menjalankan peran sebagai warga masyarkat yaitu dengan mengikuti dan berpartisipasi aktif maupun pasif kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan masyarakat tinggalnya. Sebagai seorang pencari nafkah mereka bekerja keras demi memenuhi kebutuhan anak dan keluarganya, sedangkan sebagai anggota masyarakat mereka bertindak sesuai dengan norma yang ada di masyarakat demi diterimanya dalam masyarakat tersebut .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Teori AGIL Parsons, Janda
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2019 10:27
Last Modified: 01 Feb 2019 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32885

Actions (login required)

View Item View Item