PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DIFABEL TULI (STUDI KASUS DI KELURAHAN PATANGPULUHAN, YOGYAKARTA)

DHOMAS ERIKA RATNASARI, NIM. 14250059 (2018) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DIFABEL TULI (STUDI KASUS DI KELURAHAN PATANGPULUHAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DIFABEL TULI (STUDI KASUS DI KELURAHAN PATANGPULUHAN, YOGYAKARTA))
14250059_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DIFABEL TULI (STUDI KASUS DI KELURAHAN PATANGPULUHAN, YOGYAKARTA))
14250059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan interaksi sosial difabel Tuli. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya difabel Tuli yang kurang mampu melakukan interaksi sosial. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu pola asuh yang diterapkan oleh orang tua difabel Tuli. Pola asuh tersebut akan berpengaruh pada kemampuan difabel Tuli dalam berinteraksi sosial dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menyadari bahwa dalam melakukan penelitian mengalami beberapa hambatan. Hal ini berkaitan dengan peneliti yang juga difabel Tuli. Peneliti mampu berbicara oral namun tidak mendengar. Dalam memahami apa yang dikatakan informan. peneliti menggunakan kemampuan membaca gerak bibir. Peneliti menggunakan bahasa isyarat ketika berkomunikasi dengan difabel Tuli.Untuk memilih subjek, peneliti membatasi dengan memilih dua difabel Tuli dan berlokasi di Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan, Yogyakarta melalui teknik purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan cara triangulasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah pola asuh dan interaksi sosial. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan kedua orangtua dari difabel Tuli menggunakan pola asuh yang berbeda yaitu pola asuh demokratis dan permisif. Kemampuan interaksi sosial difabel Tuli dengan menggunakan pola asuh demokratis cenderung lebih baik daripada difabel Tuli yang diasuh dengan pola asuh permisif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP, M.SW
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Interaksi Sosial, Difabel Tuli.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2019 10:44
Last Modified: 01 Feb 2019 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32886

Actions (login required)

View Item View Item