Nazam al Munawwiriyyah li shaykh Muhammad Munawwir Ibn Abdullah al Rashad (dirasah tahliliyyah balaghiyyah)

M. Irham Alauddiny, NIM. 11110060 (2018) Nazam al Munawwiriyyah li shaykh Muhammad Munawwir Ibn Abdullah al Rashad (dirasah tahliliyyah balaghiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Nazam al Munawwiriyyah li shaykh Muhammad Munawwir Ibn Abdullah al Rashad (dirasah tahliliyyah balaghiyyah))
11110060_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Nazam al Munawwiriyyah li shaykh Muhammad Munawwir Ibn Abdullah al Rashad (dirasah tahliliyyah balaghiyyah))
11110060_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nadzam Munawwiriyah adalah salah satu syair karya KH. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad. Beliau merupakan salah satu maha guru Al-Qur’an Nusantara dan juga pendiri Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Nadzam tersebut berisi tentang tawassul kepada Nabi Muhammad SAW, dan keluarga Nabi Muhammad SAW. dan juga para sahabat Nabi Muhammad SAW. Syair ini berisikan bait-bait tawassul dan do’a kepada sang Khaliq dengan gaya balaghah yang memiliki estetika yang layak untuk disanjung karena notaben penulis bukan berasal dari Arab melainkan A’jam (di luar Arab). Oleh karena itu, dalam penelitian ini, penulis membahas unsur balaghah dalam sya’ir tersebut, khususnya dalam keindahan lafadh-lafadhnya yang bernuansa Saja’.Penelitian ini bertujuan untuk megetahui jumlah Saja’ yang ada dalam Nadzam tersebut, dan apa saja macam-macam saja’ yang ada dalam Nadzam tersebut. Dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode kajian pustaka atau library research, dan sistematika dalam penulisan penelitian ini mengacu pada buku panduan yang telah diterbitkan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun analisis isi dalam Nadzam ini, penulis menggunakan teori ilmu saja’. Hasil yang diperoleh dari peneliia ini adalah kesimpulan bahwa ditemukan jumlah dan macam-macam saja’ yang terkandung dalam Nadzam tersebut yaitu saja’ murasha’ (sama dalam wazan dan hurufnya), saja’ mutawazi’ (sesuai dalam wazan dan huruf akhirnya). Dengan hasil tersebut, akan diperoleh kesimpulan secara umum dan juga khusus dari ulasan saja’ dalam nadzam munawwiriyyah yang disusun oleh almagfurlah KH. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Moh. Habib, MA
Uncontrolled Keywords: Nazam Munawwiriyyah, Pesantren Krapyak
Subjects: Kesusastraan Arab > Nazam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 May 2019 08:47
Last Modified: 23 May 2019 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum