Uslub al iltifat fi surat Taha (dirasah tahliliyyah balaghiyyah)

Rita Rahayu Ningsih, NIM. 11110072 (2018) Uslub al iltifat fi surat Taha (dirasah tahliliyyah balaghiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Uslub al iltifat fi surat Taha (dirasah tahliliyyah balaghiyyah))
11110072_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Uslub al iltifat fi surat Taha (dirasah tahliliyyah balaghiyyah))
11110072_BAB II dan BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Uslubu Iltifat fi suroti Thaha (dirasah balaghiyah). Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh ditemukannya banyak struktur bahasa yang berbeda, tidak sesuai (mengalami penyimpangan), dan tidak terikat oleh kaidah-kaidah gramatikal di dalam al-Quran yang disebut dengan gaya bahasa iltifat. Adapun pengertian iltifat itu sendiri adalah pengalihan kalam dari gaya bahasa satu ke bahasa yang lain. Bentuk-bentuk iltifat dalam al-Quran jumlahnya banyak sekali. Namun, peneliti membatasi penelitian ini hanya pada surah Thaha. Alasan dipilihnya surah ini, karena peneliti menemukan ragam dan variasi gaya bahasa iltifat pada surah thaha. Seperti dikatakan dalam buku “al-Balaghah: Kajian Ayat-ayat Iltifat dalam al-Quran” bahwasannya banyak ragam bahasa dalam al-Quran diantaranya yaitu: (1) ash-Shiyagh (bentuk), (2) al-Adad (bilangan), (3) adh- Dhamair (dhamir), (4) al- Adawat (piranti), (5) al-Mu’jam (kosa kata), dan (6) al-Binau an-Nahwy (struktur gramatikal). Akan tetapi untuk memfokuskan penelitiannya, maka peneliti membatasi penelitiannya pada tiga ragam iltifat saja, yaitu: ash-Shiyagh, al-Adad, al-Adawat. Didalam surah Thaha peneliti menemukan tiga ragam yang telah disebutkan diatas, bertolak dari ini, peneliti merumuskan dua rumusan masalah, yang pertama “Dimana letak ayatayat iltifat (ash-Shiyagh, al-Adad, al-Adawat) yang terdapat dalam surah Thaha” dan yang kedua “apa rahasia dari iltifat surah”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan mengkaji segala macam literature yang berkenaan dengan Ilmu Balaghah dan ungkapan-ungkapan yang yang berkaitan atau mengandung ragam-ragam iltifat. Adapun analisis yang digunakan yaitu analisis iltifat yang merupakan salah satu kajian dari Ilmu Balaghah. Dalam analisis ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data yang terkumpul dari surah Thaha kemudian peneliti menjelaskan kalimat-kalimat yang menggunakan gaya bahasa iltifat dalam bentuk uraian panjang setelah dimasukkan dalam kelompok-kelompok tertentu. Adapun setelah dilaksanakan penelitian, telah diketahui bahwa ungkapanungkapan atau ayat-ayat yang mengandung gaya bahasa iltifat (ash-Shiyagh, aladad, al-adawat) dalam surah Thaha yang terdiri dari 28 ungkapan dengan rincian sebagai berikut: 1. Ash-Shiyagh (bentuk) berjumlah 13 ungkapan 2. Al-Adad (bilangan) berjumlah 11 ungkapan 3. Al-Adawat (piranti) berjumlah 4 ungkapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mardjoko Idris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: (1) ash-Shiyagh (bentuk), (2) al-Adad (bilangan), (3) adh- Dhamair (dhamir), (4) al- Adawat (piranti), (5) al-Mu’jam (kosa kata), dan (6) al-Binau an-Nahwy (struktur gramatikal)
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 May 2019 08:47
Last Modified: 23 May 2019 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum