STRATEGI FUNDRAISING ORGANISASI WAHANA KESEJAHTERAAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (WKSBM) “SEJAHTERA” (STUDI DI DUSUN SOKA MARTANI KELURAHAN MERDIKOREJO KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN)

INDAH DWI UTAMI, NIM. 14250063 (2018) STRATEGI FUNDRAISING ORGANISASI WAHANA KESEJAHTERAAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (WKSBM) “SEJAHTERA” (STUDI DI DUSUN SOKA MARTANI KELURAHAN MERDIKOREJO KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI FUNDRAISING ORGANISASI WAHANA KESEJAHTERAAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (WKSBM) “SEJAHTERA” (STUDI DI DUSUN SOKA MARTANI KELURAHAN MERDIKOREJO KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN))
14250063 _BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI FUNDRAISING ORGANISASI WAHANA KESEJAHTERAAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (WKSBM) “SEJAHTERA” (STUDI DI DUSUN SOKA MARTANI KELURAHAN MERDIKOREJO KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN))
14250063 BAB II_sampai_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

Wahana kesejahteraan sosial berbasis masyarakat (WKSBM) merupakan sebuah organisasi yang berdiri ditengah-tengah warga masyarakat Dusun Soka Martani. Organisasi tersebut dibentuk untuk membantu menangani permasalahan sosial yang ada dimasyarakat. Dengan adanya organisasi tersebut dapat memberikan bantuan-bantuan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimasyarakat melalui program-program yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Fundraising organisasi wahana kesejahteraan sosial berbasis masyarakat (WKSBM) “SEJAHTERA” serta mengetahui bagaimana manfaat yang diterima oleh Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah 8 orang menjadi objek penelitian, ketua WKSBM, bendahara WKSBM, sekertaris WKSBM, Kepala Dusun, Penasehat WKSBM, serta penerima bantuan WKSBM. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknis analisis data melalui reduksi data, triangulasi, dan instrumen penelitian. Pada pengujian keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi teori, triangualasi metode dan triangulasi sumber, yakni membandingkan wawancara dari berbagai sumber serta dengan hasil observasi yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi fundraising yang digunakan oleh pengelola yaitu dengan strategi face to face dan strategi pembangunan dana abadi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa proses fundraising WKSBM “SEJAHTERA” sampai saat ini berjalan dengan baik. Pemberian dana santunan diberikan melalui berbagai bidang program antara lain: bidang pendidikan, bidang olahraga, bidang kesehatan, bidang agaman, bidang administrasi, bidang sosial kemasyarakatan, bidang usaha ekonomi produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Fundraising, wahana kesejahteraan sosial berbasis masyarakat (WKSBM)
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2019 14:24
Last Modified: 02 Feb 2019 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32896

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum