PENGEMBANGAN KAMPUNG LAYAK ANAK BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI KASUS DI PAKUNCEN RW 2 TEGALMULYO WIROBRAJAN YOGYAKARTA)

CRUSYTA, NIM. 14250066 (2018) PENGEMBANGAN KAMPUNG LAYAK ANAK BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI KASUS DI PAKUNCEN RW 2 TEGALMULYO WIROBRAJAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KAMPUNG LAYAK ANAK BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI KASUS DI PAKUNCEN RW 2 TEGALMULYO WIROBRAJAN YOGYAKARTA))
14250066_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KAMPUNG LAYAK ANAK BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI KASUS DI PAKUNCEN RW 2 TEGALMULYO WIROBRAJAN YOGYAKARTA))
14250066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang situasi sosial yang semakin mengkhawatirkan bagi perkembangan anak. Banyak kasus kekerasan, eksploitasi, dan lain sebagainya yang terjadi pada anak di lingkungannya. Padahal anak-anak membutuhkan hak tumbuh kembangnya terpenuhi, seperti belajar, bermain, dan berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut membuat pemerintahan daerah Yogyakarta membentuk peraturan daerah tentang kampung layak anak. Peraturan tersebut bertujuan agar anak-anak dapat bermain, belajar serta berinteraksi sosial dengan aman di lingkungan yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kampung layak anak menggunakan modal sosial. Dan memperlihatkan hasil dari pengembangan kampung layak anak tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk teknik subjek peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih subjek berdasarkan ciri tertentu yang sudah diketahui sebelumnya untuk mencapai tujuan penelitian secara keseluruhan. Kemudian pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Konsep modal sosial yang di terapkan di masyarakat berhasil membentuk pengembangan kampung layak anak. Dan menghasilkan pengembangan di tingkat yang relatif naik dari sebelumnya. Serta anak-anak di kampung layak anak sudah mendapatkan haknya untuk bermain, belajar, dan berinteraksi sosial di sekitarnya dengan aman serta mendapatkan fasilitas bermain dan belajar di lingkungan yang layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kampung Layak Anak, Pengembangan, Modal Sosial
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2019 14:30
Last Modified: 01 Feb 2019 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32897

Actions (login required)

View Item View Item