DAMPAK BEKERJA DI USIA LANJUT TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL PADA PETANI DUSUN LENGKONG 2, DESA LEMBUPURWO, MIRIT, KEBUMEN

RAHMA UMI SYARIFAH, NIM. 14250067 (2018) DAMPAK BEKERJA DI USIA LANJUT TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL PADA PETANI DUSUN LENGKONG 2, DESA LEMBUPURWO, MIRIT, KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK BEKERJA DI USIA LANJUT TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL PADA PETANI DUSUN LENGKONG 2, DESA LEMBUPURWO, MIRIT, KEBUMEN)
14250067_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK BEKERJA DI USIA LANJUT TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL PADA PETANI DUSUN LENGKONG 2, DESA LEMBUPURWO, MIRIT, KEBUMEN)
14250067_BAB-II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2018 dengan tujuan untuk mengetahui faktor penyebab petani lanjut usia masih bekerja serta bagaimana dampak bekerja terhadap keberfungsian sosial petani di usia lanjut. Awal ketertarikan peneliti dilatarbelakangi banyaknya petani yang masih bekerja di usia lanjut sehingga berdampak terhadap keberfungsian sosial di lingkungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatam deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat petani lanjut usia serta informan tambahan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, bahwa faktor penyebab petani lanjut usia tetap bekerja antara lain: tidak ingin bergantung dengan orang lain, ingin memiliki uang pegangan uang sendiri, untuk mengisi waktu luang, serta masih kuatnya badan untuk bekerja. Kedua, keberfungsian sosial dari empat petani lanjut usia sama, yaitu keberfungsian sosial efektif. Keberfungsian efektif apabila mampu merespon dengan baik dalam menjalankan peran sosialnya sebagai warga masyarakat. Secara efektif individu, keluarga, kelompok ataupun masyarakat dapat beliau jalankan dengan baik seiring dengan kebutuhan dasarnya terpenuhi. Dikatakan mampu menjalankan peran sosial apabila seseorang yang masih bekerja di usia lanjut dapat menjalankan peran sosialnya dengan baik jika beliau mampu menyesuaikan diri dan mengikuti kegiatan yang ada di lingkungannya. Pada aspek memenuhi kebutuhan dasar, secara material dan non material beliau mereka dapat terpenuhi. Pada aspek tahan terhadap tekanan dan goncangan mereka mampu mengatasi masalah datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keberfungsian sosial, Lanjut usia
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2019 14:38
Last Modified: 01 Feb 2019 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32898

Actions (login required)

View Item View Item