PERAN SERIKAT BURUH KERAKYATAN (SERBUK) DALAM ADVOKASI PEMENUHAN HAK NORMATIF BURUH ANGGOTA DI PT. SIAM INDO CONCRETE PRODUCTS KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT INDONESIA

FAJAR SETYO NUGROHO, NIM. 14250069 (2018) PERAN SERIKAT BURUH KERAKYATAN (SERBUK) DALAM ADVOKASI PEMENUHAN HAK NORMATIF BURUH ANGGOTA DI PT. SIAM INDO CONCRETE PRODUCTS KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SERIKAT BURUH KERAKYATAN (SERBUK) DALAM ADVOKASI PEMENUHAN HAK NORMATIF BURUH ANGGOTA DI PT. SIAM INDO CONCRETE PRODUCTS KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT INDONESIA)
14250069_BAB-1_IV.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERAN SERIKAT BURUH KERAKYATAN (SERBUK) DALAM ADVOKASI PEMENUHAN HAK NORMATIF BURUH ANGGOTA DI PT. SIAM INDO CONCRETE PRODUCTS KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT INDONESIA)
14250069_BAB-2_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Karawang pada bulan Januari sampai dengan Februari 2018. Fokus penelitian pada peran SERBUK dalam advokasi pemenuhan hak normatif buruh anggota di PT. SICP. Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap perjuangan SERBUK PT. SICP yang dalam perjalanannya membuahkan hasil yang cukup cemerlang, yaitu pihak Perusahaan memenuhi seluruh tuntuntan Serikat dengan mengangkat 206 buruh dengan status kontrak dan buruh harian lepas atau daily workers menjadi buruh/pekerja tetap di PT. SICP. Pihak perusahaan kemudian memberikan seluruh hak-hak normatif kepada para buruh sesuai dengan ketentuan yang ada di Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana peran SERBUK dalam advokasi pemenuhan hak normatif buruh anggota dan mengungkapkan tentang hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh SERBUK dalam melakukan advokasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti mengkumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan metode keabsahan data/triangulasi, dimana metode ini digunakan sebagai pembanding antara hasil wawancara dengan dokumen yang diperoleh peneliti di lapangan. Hasil penelitian ini, SERBUK dalam menjalankan perannya sebagai serikat buruh menggunakan dua metode advokasi, pertama yaitu advokasi litigasi yang dilakukan oleh SERBUK dengan melakukan pembelaan kepada anggotanya yang mengalami perselisihan hubungan industrial dengan perusahaan. Kedua adalah advokasi non-litigasi yang dilakukan dengan cara mengorganisir para buruh yang ada untuk mendesak perusahaan untuk memenuhi hak-hak para buruh yang bekerja di perusahaan. Hambatan yang dialami oleh SERBUK yaitu terkait dengan pemahaman pengurus maupun anggota tentang isu perburuhan yang belum maksimal, waktu kerja para pengurus serikat di perusahaan, dan para anggota yang pasif dalam berserikat. Sedangkan tantangan yang dihadapi oleh SERBUK adalah tindakan intimidasi yang dilakukan oleh perusahaan, dan aksi warga sekitar perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran, Serikat Buruh, Advokasi, Hak Normatif.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2019 08:22
Last Modified: 01 Feb 2019 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32902

Actions (login required)

View Item View Item