ADVOKASI FEDERASI SERIKAT BURUH KERAKYATAN INDONESIA (SERBUK INDONESIA) DALAM PEMENUHAN HAK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

AROISY RAMADHAN, NIM. 14250075 (2018) ADVOKASI FEDERASI SERIKAT BURUH KERAKYATAN INDONESIA (SERBUK INDONESIA) DALAM PEMENUHAN HAK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADVOKASI FEDERASI SERIKAT BURUH KERAKYATAN INDONESIA (SERBUK INDONESIA) DALAM PEMENUHAN HAK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3))
14250075_BAB-I_IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ADVOKASI FEDERASI SERIKAT BURUH KERAKYATAN INDONESIA (SERBUK INDONESIA) DALAM PEMENUHAN HAK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3))
14250075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (698kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Karawang pada bulan Januari sampai dengan Agustus 2018. Fokus penelitian pada Advokasi Federasi SERBUK Indonesia dalam pemenuhan hak Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap perjuangan Federasi SERBUK Indonesia yang menegaskan bahwa isu K3 adalah hak asasi manusia, dan dalam perjalananya sudah melakukan banyak upaya yaitu melakukan pendidikan K3, melakukan seminar Nasional, melindungi hak K3 di PKB, dan selalu mendesak pihak pemerintah untuk segera merevisi UU K3 yang sudah dianggap tidak relevan untuk saat ini yaitu UU RI Nomor 1 tahun 1970. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana Advokasi SERBUK Indonesia dalam pemenuhan hak keselamatan dan kesehatan kerja dan mengungkapkan tentang hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh Federasi SERBUK dalam melakukan advokasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti mengkumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan metode keabsahan data triangulasi, dimana metode ini digunakan sebagai pembanding antara hasil wawancara dengan dokumen yang diperoleh peneliti di lapangan. Hasil penelitian ini, Federasi SERBUK dalam menjalankan advokasi sebagai serikat buruh menggunakan dua metode advokasi, pertama yaitu advokasi kelas yang dilakukan oleh Federasi SERBUK Indonesia dengan mewakili suatu kelompok dalam penelitian ini adalah kaum buruh yang diperjuangkan untuk mendapatkan hak K3nya. Kedua adalah advokasi kasus yang dilakukan dengan cara menyelesaikan permasalahan kasus individu yang dihadapi buruh dengan bantuan serikat. Hambatan yang dialami oleh Federasi SERBUK yaitu anggota yang kurang kompeten, pasif dan, tidak prinsipil. Sedangkan tantangan yang dihadapi oleh SERBUK adalah tindak intimidasi dari perusahaan, dan stigma kawan buruh lain yang memandang sebelah mata kepada serikat yang dekat dengan partai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Advokasi, Serikat Buruh, Hak Keselamatan dan Kesehantan Kerja (K3).
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2019 09:43
Last Modified: 06 Feb 2019 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32913

Actions (login required)

View Item View Item