Ma'aniy al istifham bi al hamzah wa hal fi al juz al thalathina fi al qur'an al karim (dirasah tahliliyyah balaghiyyah)

Soin Maskur Ro'uf, NIM. 11110074 (2018) Ma'aniy al istifham bi al hamzah wa hal fi al juz al thalathina fi al qur'an al karim (dirasah tahliliyyah balaghiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ma'aniy al istifham bi al hamzah wa hal fi al juz al thalathina fi al qur'an al karim (dirasah tahliliyyah balaghiyyah))
11110074_BAB-I, IV, DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Ma'aniy al istifham bi al hamzah wa hal fi al juz al thalathina fi al qur'an al karim (dirasah tahliliyyah balaghiyyah))
11110074_BAB-II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi ini akan kami bahas mengenai istifham yang ada dalam Al-Qur’an pada juz tiga puluh (30), dengan menggunakan pendekatan Balaghah. Dalam juz tiga puluh, penulis banyak menemukan model atau gaya bahasa yang digunakan oleh Allah dalam menyampaikan pesan kepada rasul-Nya dan umat manusia,Pesan-pesan al-Qur'an yang disampaikan kerapkali dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan untuk menarik perhatian dan menggugah pendengarnya, ketika al-Qur'an ingin menyampaikan pesan tentang siapa sebenarnya orangorang yang medustakan agama, al-Qur'an memulai pesannya dengan pertanyaan أرأيت اللذي يكذب بالدين" .ketika al-Qur'an menyampaikan pesan bahwa hari pembalasan itu sesuatu yang pasti dan oleh karena banyak manusia tidak meyakininya, maka al-Qur'an memulainya dengan pertanyaan " هل أتاك حديث الغاشية (apakah belum datang kepadamu berita tentang hari pembalasan?). Dalam ilmu balaghah kalimat tanya disebut istifham yang merupakan bagian dalam ilmu ma’ani dan dapat diartikan sebagai kata tanya yang digunakan untuk meminta keterangan terhadap sesuatu yang belum diketahu sebelumnya,adapun adawat istifham mempunyai 10 piranti yaitu : )همزة، هل، ما، متى،كيف، ايان، اين، الىّ، كم، اي.( Dari 10 adawat istifham peneliti hanya akan memfokuskan penelitianya pada adawat istifham همززة dan هزل saja, karena kedua bentuk kalimat Tanya ini paling banyak di gunakan didalam juz tiga puluh. Permasalahan dalam skripsi ini dirumuskan dengan 3 pertanyaan yaitu : (1) ada berapa adawat istifham “ همززة dan هزل ” dalam juz tiga puluh dan pada surat apa saja ? (2) apa perbedaan makna adawat istiham “ همززة dan هزل ” dalam juz tiga puluh? Dan (3) bagaimana makna istifham “ همززة dan هزل ” dalam juz tiga puluh ? yang keduanya dikaji melalui penelitian kepustakaan dengan pendekatan balaghah, kesimpulan skripsi ini adalah terdapat 21 adawat istifham “ همززة ” dan 6 adawat istifham “ هززل ”, perbedaan dari keduanya terdapat pada karakteristik maknanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Habib, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Ma'aniy al istifham, al hamzah, hal
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 May 2019 08:47
Last Modified: 23 May 2019 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum