PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TLATAR SENENG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA TAMAN TEBING BREKSI DI DUSUN NGLENGKONG SAMBIREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)

AGUNG ADIRASPUTRA, NIM. 14250077 (2018) PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TLATAR SENENG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA TAMAN TEBING BREKSI DI DUSUN NGLENGKONG SAMBIREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TLATAR SENENG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA TAMAN TEBING BREKSI DI DUSUN NGLENGKONG SAMBIREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA))
14250077_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TLATAR SENENG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA TAMAN TEBING BREKSI DI DUSUN NGLENGKONG SAMBIREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA))
14250077_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (985kB)

Abstract

Tebing Breksi merupakan sebuah kawasan tambang batu breksi yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai lahan pertambangan. Kawasan tersebut sudah dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sejak puluhan tahun lalu sebagai salah satu sumber penghasilan mereka. Belakangan diketahui bahwa Tebing Breksi merupakan tebing yang terbentuk dari endapan abu vulkanik hasil erupsi Gunung Api Purba. Hal ini lah yang kemudian menjadi titik balik dari pemanfaatan kawasan Tebing Breksi. Saat ini Tebing Breksi telah mengalami alih fungsi lahan dari yang sebelumnya merupakan lokasi pertambangan menjadi sebuah destinasi wisata baru yang berpredikat sebagai wisata geoheritage. Penelitian ini berjudul “Peran Kelompok Sadar Wisata Tlatar Seneng dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarkat (Studi Kasus Pada Objek Wisata Taman Tebing Breksi Di Dusun Nglengkong Sambirejo Prambanan Sleman)”. Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan bagaimana peran Kelompok Sadar Wisata Tlatar Seneng dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pemilihan informan adalah teknik purposive sampling, yakni dipilih berdasarkan ciri-ciri subjek yang sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan Teori Fungsionalisme Struktural, teori perubahan sosial, dan teori kesejahteraan sosial sebagai acuan dalam melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peran Kelompok Sadar Wisata Tlatar Seneng dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilihat dari perspektif Teori Fungsionalisme Struktural. Penelitian ini berlokasi di Dusun Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kelompok Sadar Wisata Tlatar Seneng memiliki peran dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran tersebut sesuai dengan apa yang disebut sebagai fungsi AGIL dalam Teori Fungsionalisme Struktural, yakni dalam melakukan adaptasi, sebagai upaya mengatasi kebutuhan situasional yang ada, dalam pencapaian tujuan, yaitu merumuskan dan mencapai suatu tujuan kelompok, dalam melakukan integrasi, yaitu mengatur hubungan bagian-bagian yang menjadi komponennya, serta dalam melakukan latensi, guna memelihara keberlangsungan pola yang sudah ada. Dengan adanya peran tersebut kini masyarakat dapat merasakan peningkatan kesejahteraan dari kegiatan pariwisata. Mulai dari teratasinya masalah alih fungsi, terpenuhinya kebutuhan, serta teciptanya peluang sosial yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran, Kelompok Sadar Wisata, Alih Fungsi, Tebing Breksi, Kesejahteraan.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2019 09:48
Last Modified: 06 Feb 2019 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32916

Actions (login required)

View Item View Item