PENGARUH PENAMBAHAN SORBITOL DAN GLISEROL TERHADAP DEGRADASI BIOPLASTIK PATI SINGKONG DALAM MEDIA TANAH DAN KOMPOS

Ismah Nafilah, NIM. 12630029 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN SORBITOL DAN GLISEROL TERHADAP DEGRADASI BIOPLASTIK PATI SINGKONG DALAM MEDIA TANAH DAN KOMPOS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENAMBAHAN SORBITOL DAN GLISEROL TERHADAP DEGRADASI BIOPLASTIK PATI SINGKONG DALAM MEDIA TANAH DAN KOMPOS)
12630029_BAB I, BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENAMBAHAN SORBITOL DAN GLISEROL TERHADAP DEGRADASI BIOPLASTIK PATI SINGKONG DALAM MEDIA TANAH DAN KOMPOS)
12630029_BAB II, sampai_SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Telah dilakukanpenelitian tentangpengaruh penambahan sorbitol dan gliserol terhadap Degradasi Bioplastik Pati Singkong dalam media Tanah dan Kompos. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penambahan sorbitol dan gliserol terhadap lama degradasi bioplastik pati singkong pada media tanah dan kompos. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu pembuatan bioplastik, pembuatan bioplastik dengan variasi sorbitol dan gliserol serta uji degradasi bioplastik dalam media tanah dan kompos. Konsentrasi sorbitol dan gliserol divariasi masing-masing 10,20,30, dan 40% b/b. Bioplastik kemudian diuji dengan menggunakan FTIR, uji mekanik dan uji degradasi pada media tanah dan kompos. Uji FTIR dilakukan untuk mengetahui gugus fungsi pada bioplastik. Uji sifat mekanik dilakukan untuk mengukur ketebalan, elongasi, dan kuat tarik. Uji degradasi dilakukan di tanah dan kompos untuk mengetahui tingkat degradasi bioplastik dalam kedua media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji degradasi bioplastik dalam tanah telah habis terdegradasi setelah 2 hari, sedangkan plastikdengan penambahan sorbitol dan gliserol masing-masing habis terdegradasi setelah 9 hari dan 14 hari. Uji degradasi bioplastik dalam kompos telah habis terdegradasi setelah 8 hari, sedangkan bioplastik penambahan sorbitol dan gliserol masing-masing habis terdegradasi setelah 18 hari. Penambahan sorbitol memperlambat degradasi bioplastik dalam tanah selama 7 hari dan dalam kompos selama 10 hari, sedangkan penambahan gliserol memperlambat degradasi bioplastik dalam tanah selama 12 hari dan dalam kompos 10 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi,S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Bioplastik,pati singkong,sorbitol,gliserol,degradasi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Feb 2019 10:43
Last Modified: 06 Feb 2019 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32923

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum