KAJIAN TEORITIS PENGGUNAAN TURUNAN ASAM SIANO SEBAGAI GUGUS AKSEPTOR ELEKTRON PADA PELARGONIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC)

MUHAMAD IMAM MUSLIM, NIM. 14630007 (2018) KAJIAN TEORITIS PENGGUNAAN TURUNAN ASAM SIANO SEBAGAI GUGUS AKSEPTOR ELEKTRON PADA PELARGONIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN TEORITIS PENGGUNAAN TURUNAN ASAM SIANO SEBAGAI GUGUS AKSEPTOR ELEKTRON PADA PELARGONIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC))
14630007_BAB-I_V_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN TEORITIS PENGGUNAAN TURUNAN ASAM SIANO SEBAGAI GUGUS AKSEPTOR ELEKTRON PADA PELARGONIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC))
14630007_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kajian Teoritis penggunaan turunan asam siano sebagai gugus akseptor elektron pada pelargonidin sebagai senyawa dye sel surya tersensitasi (DSSC) telah dilakukan berdasarkan parameter panjang ikatan dengan TiO2, spektra, kerapatan elektron molekul, efisiensi penyerapan cahaya (LHE), konstanta kopling dye pada permukaan semikonduktor (VRP), dan energi HOMO-LUMO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi penambahan gugus asam benzatiadizol sianoakrilik, sianoakrilik, sianovinil, dan sianosinamik sebagai akseptor elektron terhadap karakteristik pelargonidin sebagai dye pada DSSC berdasarkan parameter panjang ikatan, spektra, kerapatan elektron molekul, efisiensi penyerapan cahaya (LHE), konstanta kopling dye pada permukaan semikonduktor (VRP), dan energi HOMO-LUMO. Penelitian ini dimulai dengan tahapan pertama yaitu menggambar struktur dengan avogadro, kemudian molekul di optimasi dengan metode DFT dan TDDFT menggunakan basis set 6.311G*. Untuk mengetahui parameter energi HOMO-LUMO dan kerapatan elektron saat HOMO-LUMO digunakan metode yang sama serta menggunakan teknik analisis dengan ECCE. Spektra menggunakan metode DFT dengan teknik analisis Chemcraft. Parameter LHE dan VRP menggunakan metode DFT dan TDDFT dengan teknik analisis menggunakan persamaan yang ada. Parameter panjang ikatan dye dengan TiO2 menggunakan metode DFT dengan teknik analisis menggunakan avogadro. Pelargonidin-benzatiadizol sianoakrilik menjadi modifikasi yang lebih baik apabila dibandingkan dengan pelargonidin tanpa modifikasi maupun pelargonidin yang dimodifikasi dengan asam siano lain, berdasarkan parameter posisi kerapatan elektron molekul, energi HOMO-LUMO, konstanta kopling (Vrp), panjang ikatan, dan spektra. Pada pelargonidin-benzatiadizol sianoakrilik kerapatan elektron di keadaan LUMO terkumpul pada benzatiadizol sianoakrilik, energi HOMO sebesar -4,97856 eV & LUMO -2,56731 eV, nilai VRP 0,439, panjang ikatan 1,936 Å, dan puncak spektra pada panjang gelombang 393,14 nm & 377,09 nm . Apabila ditinjau dari parameter efisiensi penyerapan cahaya (LHE) maka yang terbaik adalah pelargondin tanpa modifikasi dengan nilai LHE sebesar 0,820.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sudarlin, M.Si
Uncontrolled Keywords: akseptor elektron, asam benzatiadizol sianoakrilik, DFT, TD-DFT, efisiensi penyerapan cahaya (LHE), VRP, kerapatan elektron, spektra, energi HOMO-LUMO, basis set, panjang ikatan, asam sianoakrilik, sianovinil, dan sianosinamik
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Feb 2019 14:11
Last Modified: 06 Feb 2019 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum