UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS IPS MELALUI PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VYGOTSKY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE RECIPROCAL TEACHING DAN PEER COLLABORATION

Mar’atus Sholihah, NIM. 14600004 (2018) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS IPS MELALUI PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VYGOTSKY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE RECIPROCAL TEACHING DAN PEER COLLABORATION. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS IPS MELALUI PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VYGOTSKY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE RECIPROCAL TEACHING DAN PEER COLLABORATION)
14600004_BAB I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS IPS MELALUI PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VYGOTSKY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE RECIPROCAL TEACHING DAN PEER COLLABORATION)
14600004_BAB II_S.D_BAB_IV.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori pembelajaran Vygotsky dalam pembelajaran matematika dengan metode reciprocal teaching dan peer collaboration. Penerapan tersebut bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar, minat belajar dan self efficacy matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini terdiri dari: 1) perencanaan meliputi penyusunan instrumen pembelajaran dan penelitian; 2) pelaksanaan tindakan yaitu menerapkan teori pembelajaran Vygotsky dalam pembelajaran matematika dengan metode reciprocal teaching dan peer collaboration; 3) observasi selama pelaksanaan tindakan; serta 4) refleksi, menganalisis data yang diperoleh. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti, lembar observasi, soal tes evaluasi, lembar angket minat belajar dan lembar skala self efficacy. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan teori pembelajaran Vygotsky dalam pembelajaran matematika dengan metode reciprocal teaching dan peer collaboration dapat meningkatkan hasil belajar, minat belajar dan self efficacy matematika siswa. Adapun prosedur pembelajaran pada penelitian ini terdiri dari: 1) mengkondisikan siswa berkelompok yang tiap kelompok terdiri dari dua, atau tiga orang; 2) melaksanakan langkah pembelajaran yang terdiri dari predicting, clarifying, questioning dan summarizing. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua siswa memperoleh hasil belajar tuntas setelah proses pembelajaran pada siklus II. Hasil belajar tuntas yang diperoleh sejalan dengan minat belajar siswa yang tinggi dan self efficacy matematika siswa yang tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyatakan bahwa pembelajaran matematika dengan metode reciprocal teaching dan peer collaboration berhasil meningkatkan hasil belajar, minat belajar dan self efficacy matematika siswa kelas IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Teori Vygotsky, reciprocal teaching, peer collaboration, hasil belajar, minat belajar, self efficacy
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 13:37
Last Modified: 07 Feb 2019 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32957

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum