PENGARUH PEMBANGUNAN SEKTOR NON PERTANIAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI DIY TAHUN 2004-2014

KHAYATUL MAKKY, NIM. 12810072 (2018) PENGARUH PEMBANGUNAN SEKTOR NON PERTANIAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI DIY TAHUN 2004-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Other (PENGARUH PEMBANGUNAN SEKTOR NON PERTANIAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI DIY TAHUN 2004-2014)
12810072_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Other (PENGARUH PEMBANGUNAN SEKTOR NON PERTANIAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI DIY TAHUN 2004-2014)
12810072_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (559kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Upah Minimum, Pertumbuhan Sektor Non Pertanian, Share Output Sektor Perdagangan dan Share Output Sektor Jasa terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertanian. Variabel independen penelitian ini pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Penduduk, Dana Alokasi Umum dan Pengeluaran Pemerintah. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertanian kabupaten/kota di Provinsi DI Yogyakarta. Populasi di dalam penelitian ini adalah 5 Kabupaten/Kota di Provinsi DI Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Periode yang digunakan yaitu sebelas tahun dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2014. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2004 hingga 2014 variabel Upah Minimum berpengaruh negatif signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertanian, variabel Pertumbuhan Sektor Non Pertanian dan variabel Share Output Sektor Perdagangan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertanian, sedangkan variabel Share Output Sektor Jasa berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertanian. Secara bersama-sama, seluruh variabel independen berpengaruh positif signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Slamet Khilmi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Sektor Pertanian, Upah Minimum, Pertumbuhan Ekonomi, Share Output Sektor Perdagangan dan Sektor Jasa
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2019 06:49
Last Modified: 07 Feb 2019 06:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32961

Actions (login required)

View Item View Item