PENGARUH KEBIJAKAN FISKAL, INVESTASI DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ANTAR PROVINSI DI INDONESIA

MUHAMAD WACHIT F, NIM. 13810129 (2018) PENGARUH KEBIJAKAN FISKAL, INVESTASI DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ANTAR PROVINSI DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEBIJAKAN FISKAL, INVESTASI DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ANTAR PROVINSI DI INDONESIA)
13810129_BAB_I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEBIJAKAN FISKAL, INVESTASI DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ANTAR PROVINSI DI INDONESIA)
13810129__BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Modal yang berasal dari investasi merupakan salah satu faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi guna menunjang kegiatan perekonomian. Menurut teori pertumbuhan Harrod-Domar investasi memiliki dua fungsi. Pertama, berperan menigkatkan pendapatan. Kedua, investasi meningkatkan kapasitas produksi melalui peningkatan stok modal. Investasi asing dan investasi dalam negeri mengalami kenaikan setiap tahunnya namun tidak diikuti oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil. Keputusan pemerintah dalam mengambil kebijakan fiskal juga mempengaruhi kinerja perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan fiskal, dana pihak ketiga, investasi asing dan investasi dalam negeri terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi-provinsi di Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi data panel. Periode penelitian selama 2006-2016 dengan objek penelitian 15 provinsi di Indonesia. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari lembaga pemerintahan seperti Badan Pusat Statistik, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Bank Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan varibale penerimaan pemerintah, investasi dan dana pihak ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sementara pengeluaran pemerintah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi di Indonesia. Secara keseluruhan/simultan variabel dalam penelitian memiliki pengaruh sebesar 90,39 % sedangkan 9,61 % dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muh. Rudi Nugroho, S.E., M.Sc
Uncontrolled Keywords: FDI, Investasi dalam negeri, dana pihak ketiga, kebijakan fiskal dan pertumbuhan ekonomi
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:01
Last Modified: 07 Feb 2019 07:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32966

Actions (login required)

View Item View Item