EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TOGETHER DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Tri Untari, NIM. 14600013 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TOGETHER DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TOGETHER DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA)
14600013_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TOGETHER DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA)
14600013_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick serta variabel terikat pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN 2 Sleman tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale motivasi belajar, RPP, dan LAS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji t atau statistika non parametrik yaitu uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Serta, model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Learning Together, Talking Stick, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 14:13
Last Modified: 07 Feb 2019 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum