PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM DAKWAH KULTURAL PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL HUFFAZH AL-MIZAN (UKM JQH AL-MIZAN) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

LUPITA PUTRI RAMADHANI, NIM. 14240067 (2018) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM DAKWAH KULTURAL PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL HUFFAZH AL-MIZAN (UKM JQH AL-MIZAN) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM DAKWAH KULTURAL PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL HUFFAZH AL-MIZAN (UKM JQH AL-MIZAN) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14240067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM DAKWAH KULTURAL PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL HUFFAZH AL-MIZAN (UKM JQH AL-MIZAN) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14240067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang Keberhasilan suatu organisasi tidak selalu bertumpu pada Sumber Daya Manusia (resourse/ sumber daya) akan tetapi melihat pentingnya manajemen atau pengelolaan dalam sebuah organisasi. Perlunya manajemen dakwah baik dalam konsep pemikiran tentang dakwah maupun sebagai ilmu dan sebagai aktivitas sangat dibutuhkan dalam pengembangan profesionalisme dakwah, apalagi mengingat tantangan dakwah di era modern semakin berat. Dakwah kultural dapat menjadi alternatif utama sekaligus peluang menghadapi masyarakat yang selalu haus dengan kesenangan dan keindahan. UKM JQH al-Mizan merupakan organisasi yang mampu mengangkat aktualisasi kesenian Islam dengan budaya Jawa dan budaya modern, sebagaimana cerminan dakwah masa kini yang sebelumnya pernah dilakukan oleh Wali Songo sebagai dakwah kultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen dalam dakwah kultural pada UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam penelitian ini memaksudkan untuk mendeskripsikan tentang fungsi manajemen perencanaan, pengorgannisasian, penggerakan, pengendalian dan evaluasi dakwah yang diterapkan oleh UKM JQH al-Mizan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Setelah melakukan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan fungsi manajemen pada UKM JQH al-Mizan ada lima fungsi yaitu perencanaan, pengorgannisasian, penggerakan, pengendalian dan evaluasi dakwah. Dimana pada setiap fungsi ada suatu penerapan yang menjadi temuan peneliti. Pertama perencanaan UKM JQH al-Mizan memiliki perencanaan yang spesifik dan mendalam. Kedua pengorganisasian dakwah pada bagian spesialisasi kerja bentuk kepanitiaan UKM JQH al-Mizan sebagaiamana disebut dengan kepanitiaan mikro/makro, yang mana bentuk kepanitiaan ini terbilang belum ditemukan pada teori-teori manajemen. Ketiga pada penggerakan dakwah motivasi dilakukan dengan menghidupkan dinamika konflik organisasi. Keempat pada pengendalian dakwah setiap hirarkhi kepengurusan mempunyai wilayah pengawasanya masingmasing. Kelima pada evaluasi dakwah terjadinya double job pada kepanitiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen, Dakwah Kultural, UKM JQH al-Mizan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:18
Last Modified: 07 Feb 2019 07:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32972

Actions (login required)

View Item View Item