ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN (STUDI KASUS: INDUSTRI KNALPOT DI KABUPATEN PURBALINGGA)

ASFIATUL ISTIQOMAH, NIM. 14810090 (2018) ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN (STUDI KASUS: INDUSTRI KNALPOT DI KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN (STUDI KASUS: INDUSTRI KNALPOT DI KABUPATEN PURBALINGGA))
14810090_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN (STUDI KASUS: INDUSTRI KNALPOT DI KABUPATEN PURBALINGGA))
14810090_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penyerapan tenaga kerja merupakan penerimaan para pelaku tenaga kerja untuk melakukan tugas sebagaimana mestinya atau adanya suatu keadaan yang menggambarkan tersedianya pekerja atau lapangan pekerjaan untuk diisi para pencari kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh upah, omset penjualan dan modal terhadap penyerapan tenaga kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengusaha knalpot yang ada di Kabupaten Purbalingga sebanyak 73 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang. Model penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan upah terhadap penyerapan tenaga kerja; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan omset penjualan terhadap penyerapan tenaga kerja; (3) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan modal terhadap penyerapan tenaga kerja. Nilai R2 adalah 0,4448 yang artinya sebesar 44,48 persen variasi penyerapan tenaga kerja dipengaruhi oleh variasi upah, omset penjulan, dan modal, sedangkan 55,52 persen dipengaruhi oleh variasi variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, SE. M.Sc
Uncontrolled Keywords: penyerapan tenaga kerja, upah, omset penjualan, modal
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:18
Last Modified: 07 Feb 2019 07:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32973

Actions (login required)

View Item View Item