Dirasah sarfiyyah ihsaiyyah li al fi'l al thalathiy al mujarrad fi qamus al munawwir 'Arabiy Indonesiay (waznan wa binaan wa ta'diyan wa luzuman)

Siti Hardiyanti, NIM. 14110006 (2018) Dirasah sarfiyyah ihsaiyyah li al fi'l al thalathiy al mujarrad fi qamus al munawwir 'Arabiy Indonesiay (waznan wa binaan wa ta'diyan wa luzuman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Dirasah sarfiyyah ihsaiyyah li al fi'l al thalathiy al mujarrad fi qamus al munawwir 'Arabiy Indonesiay (waznan wa binaan wa ta'diyan wa luzuman))
14110006_BAB-I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46MB) | Preview
[img] Text (Dirasah sarfiyyah ihsaiyyah li al fi'l al thalathiy al mujarrad fi qamus al munawwir 'Arabiy Indonesiay (waznan wa binaan wa ta'diyan wa luzuman))
14110006_BAB-II_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis membahas salah satu pembagian kata dalam ilmu bahasa Arab yaitu kata kerja (fi’il). Letak fi’il dalam kalimat adalah dapat menentukan jenis kalimat. Jika fiil diletakkan setelah isim maka dinamakan jumlah ismiyah dan jika fiil diletakkan diawal kalimah dinamakan jumlah fi’liyah. Fi’il sendiri terbagi menjadi dua macam yakni tsulatsi (huruf asalnya tiga) dan ruba’i (huruf asalnya empat) dan dari kedua fi’il tersebut dibagi lagi ada yang mujarrod (kosong dari tambahan) dan juga mazid (adanya tambahan). penilitian ini fokus pada fi’il tsulatsi mujarrad karena mayoritas kata dalam bahasa arab berasal dari fiil tsulatsi mujarrad. Untuk mengetahui hal tersebut objek yang paling cocok adalah kamus. Kamus dwi bahasa banyak digunakan dalam rangka pembelajaran dengan menggunakan kamus Al Munawwir Arab-Indonesia. Adapun pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode statistik untuk menghitung keseluruhan jumlah kosakata fi’il tsulatsi mujarrad dalam kamus Al Munawwir Arab – Indonesia. Dari hasil analisis Fi’il Tsulatsi Mujarrad dalam kamus Al Munawwir Arab-Indonesia, peneliti menemukan 5.957 kosakata yang masuk pada fi’il tsulatsi mujarrad (4.783 permulaan dan 1.174 pengulangan). Dari segi bina’ (Mahmuz ada 570, Shohih 3647, mudho’af 386, mitsal 297, ajwaf 560, naqis 528, dan lafif 58 kosakata). Dari segi makna (fi’il lazim ada 3681 dan fi’il muta’addi ada 2286 kosakata). Semua hal ini bias dibaca lebih lanjut pada skripsi ini. Kata kunci: fi’il, tsulatsi, mujarrad, wazan, bina’, lazim, muta’addi, statistik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Musthofa, MA
Uncontrolled Keywords: fi’il, tsulatsi, mujarrad, wazan, bina’, lazim, muta’addi, statistik
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2019 08:43
Last Modified: 07 May 2019 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum