ANALISIS PENGARUH VARIABEL FUNDAMENTAL DAN VARIABEL MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN KINERJA REKSADANA SYARIAH PERIODE TAHUN 2014 – 2017

MUHAMMAD HAQNUR AINUN NAJIB, NIM. 14830005 (2018) ANALISIS PENGARUH VARIABEL FUNDAMENTAL DAN VARIABEL MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN KINERJA REKSADANA SYARIAH PERIODE TAHUN 2014 – 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH VARIABEL FUNDAMENTAL DAN VARIABEL MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN KINERJA REKSADANA SYARIAH PERIODE TAHUN 2014 – 2017)
14830005_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH VARIABEL FUNDAMENTAL DAN VARIABEL MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN KINERJA REKSADANA SYARIAH PERIODE TAHUN 2014 – 2017)
14830005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan Reksadana syariah tidak terlepas dari berbagai macam faktor yang mendasarinya. Perubahan yang terjadi pada faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi reksadana syariah baik secara positif maupun negatif. Variabel yang dapat digunakan untuk menganalisis kinerja Reksadana syariah adalah Nilai Aktiva Bersih (NAB). Dan diduga terdapat beberapa faktor fundamental dan faktor makro ekonomi yang dapat mempengaruhi Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana syariah. Faktor tersebut adalah Unit penyertaan, Total Dana Kelolaan, Inflasi, Kurs, dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel independen Unit Penyertaan (UP), Total Dana Kelolaan, Inflasi, Kurs, dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). terhadap variabel dependen Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah periode 2014-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang aktif reksadana syariah yang ada di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2014 samapai dengan tahun 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling dan diperoleh 6 perusahaan sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan yakni data sekunder dengan teknik analisis uji data panel menggunakan model random effect model dan uji signifikan (uji F, uji R2, dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Unit Penyertaan (UP), Total Dana Kelolaan dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah. Sedangkan variabel Kurs berpengaruh negativ signifikan terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah dan untuk variabel Inflasi tidak berpengaruh terhadap terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah. Namun secara simultan variabel Unit Penyertaan (UP), Total Dana Kelolaan, Inflasi, Kurs, dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). berpengaruh terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. MISNEN ARDIANSYAH, SE., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Nilai Aktiva Bersih (NAB), Unit Penyertaan (UP), Total Dana Kelolaan, Inflasi, Kurs, dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:24
Last Modified: 07 Feb 2019 07:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32975

Actions (login required)

View Item View Item